Kompetisi BASIK III yang diadakan Senin (23/11) lalu berhasil menentukan tiga pemenang dari kategori web desain. Salah satu tim pemenang tersebut adalah trio Informatika 2013 yang beranggotakan Dessy Amri Raykhamna, Prananda Antinasari, dan Makrina Christy Ariestyani dengan desain web mereka, Smart Garden, yang mendapat gelar juara pertama dalam kategori tersebut.

Pada perlombaan BASIK itu, mereka membuat sebuah desain web yang digunakan sebagai media pembelajaran untuk Tuna Grahita tingkat SD yang menggunakan kurikulum C1 Tuna Grahita. Ide untuk membuat desain tersebut bermula dari tugas akhir mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) mereka. Karena sayang jika idenya tenggelam begitu saja, ketiganya kemudian mengembangkan aplikasi untuk PC bernama Smart Garden yang kemudian dibuat desain webnya.

“Kita sudah buat aplikasinya dalam bentuk PC dan sudah dijual ke salah satu sekolah inklusi,” terang Dessy yang mengaku memang berencana mengembangkan aplikasi Smart Garden tersebut ke dalam bentuk website sehingga dapat digunakan oleh masyarakat luas.

Dalam pembuatan aplikasi ini, ada beberapa kendala yang sempat dialami Dessy dan timnya, salah satunya adalah proses penelitian yang dilakukan selama satu semester. “Di sana Prananda (salah satu anggota tim, red) terjun ke lapangan, langsung testing ke penggunanya,” ungkap Desy. “Memerlukan wawancara dulu ke orang tua dan guru. Selain itu juga perlu pendekatan ke anak-anak tersebut untuk mencoba aplikasi ini dengan memberi mereka donat, ngajak main, dan sebagainya,” imbuhnya.

Selain hambatan, ada juga kejadian tak terduga yang mereka alami saat proses pembuatan desain web tersebut, “Pembuatannya waktu itu kita ngebut di kereta, terus kereta kita tabrakan. Tapi dari momen itu kita manfaatkan untuk migrasi dari desktop ke web,” cerita Dessy.

Dengan adanya aplikasi ini, mereka bertiga berharap dapat mewujudkan mimpi mereka bagi Indonesia, ”Kita mempunyai mimpi untuk merangkul lebih dari 2067 sekolah termasuk inklusi yang ada di Indonesia. Kita mempunyai mimpi untuk mencerdaskan anak didik bangsa ini,” ungkap mereka

Tentunya untuk mencapai mimpi tersebut ketiganya memerlukan volunteer serta dukungan dari teman-teman sekalian. Yuk, mari kita dukung mimpi mereka dengan memantau terus perkembangan aplikasi ini lewat twitter mereka @oursmartgarden.

(al)

Share It On:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here