LPM DISPLAY

Lembaga Pers Mahasiswa FILKOM-UB

Tech

Monitoring Kesehatan Hewan dengan Bantuan Aplikasi

Memiliki hewan peliharaan bukanĀ  hanya sekedar untuk kebahagiaan semata melainkan juga membutuhkan tanggung jawab yang besar. Sebagaimana halnya manusia, hewan juga memiliki hak yang harus dipenuhi oleh tuannya, seperti pemenuhan kebutuhan dasar hewan yang meliputi makanan dan minuman yang sesuai dengan jenis hewan, tempat untuk ditinggali, dan perawatan yang baik. Selain itu, tuannya juga harus memperhatikan kondisi kesehatan hewan tersebut serta tahu gejala penyakit dan bagaimana cara pertolongan pertamanya.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, berbagai inovasi dilakukan khususnya dalam ranah aplikasi berbasis mobile. Sudah banyak aplikasi yang dibuat untuk para pemilik hewan peliharaan yang dapat membimbing mereka dalam merawat hewan peliharaannya dengan baik. Aplikasi tersebut di antaranya adalah 11pets, VitusVet, PETO, APCC by ASPCA, dan Pet First Aid. Aplikasi-aplikasi ini berisi informasi dan tips dalam merawat hewan peliharaan mulai dari makanan apa yang dapat dimakan hewan tersebut hingga pencatatan kesehatan hewan.

11pets adalah aplikasi yang menawarkan semua yang dibutuhkan oleh pemilik hewan. 11pets akan membantu untuk mengingat kebutuhan sehari-hari, memonitor data medis, dan merawat hewan peliharaan. 11pets akan mengingatkan kita kapan hewan peliharaan harus divaksin dan di-grooming. Aplikasi ini juga dapat mencatat segala rekam medis dan sejarah kesehatan yang dimiliki oleh hewan, seperti hasil tes laboratorium, foto x-ray, tes darah maupun hal lainnya yang berhubungan dengan kesehatan hewan seperti insiden medis. Aplikasi ini juga dapat digunakan tanpa harus selalu terhubung ke internet.

Aplikasi lainnya adalah VitusVet yang sangat cocok bagi para pemilik hewan yang sering lupa untuk mencatat riwayat penyakit hewan peliharaannya. Dengan aplikasi ini, kita juga dapat mengunggah informasi penting terkait hewan peliharaan tanpa perlu khawatir karena informasi yang tersimpan dalam aplikasi ini akan dijamin keamanannya. Tak hanya dapat diakses oleh pemilik hewan, aplikasi ini juga dapat memberikan akses untuk keluarga dan juga dokter serta pengurus hewan lainnya yang sama-sama menggunakan aplikasi ini.