LPM DISPLAY

Lembaga Pers Mahasiswa FILKOM-UB

Cerpen Sastra

Jembatan Persatuan

Pada suatu hari, di sebuah desa yang terletak di sebuah bukit, hiduplah dua kelompok penduduk yang selalu berselisih. Mereka tinggal di sisi yang berlawanan dan jarang berbicara satu sama lain. Perselisihan mereka ini telah berlangsung selama beberapa generasi dan menjadi lebih besar setiap tahunnya. 

Pada suatu hari, sebuah badai hebat menerjang desa tersebut. Hujan deras mengakibatkan sungai yang memisahkan dua kelompok itu meluap dengan ganasnya. Mereka merasa panik dan khawatir karena sungai yang banjir mengancam desa mereka. Namun, di tengah-tengah kepanikan, seorang anak kecil dari kelompok pertama dan seorang anak kecil dari kelompok kedua tanpa ragu melompat ke dalam air yang deras untuk menyelamatkan seorang anjing yang hampir tenggelam. 

Tanpa rasa takut, mereka mengejar anjing itu dan akhirnya berhasil menyelamatkannya. Cerita mereka dengan cepat menyebar ke seluruh desa. Ketika penduduk dari kedua kelompok melihat keberanian dan rasa persatuan anak-anak itu, hati mereka menjadi lebih lunak. Mereka mulai membantu satu sama lain untuk memperbaiki rumah-rumah yang rusak oleh badai, membersihkan jalanan, dan membagi persediaan makanan. 

Setelah badai mereda, penduduk desa menyadari bahwa persatuan dan kerja sama adalah kunci untuk mengatasi semua tantangan yang ada. Mereka membangun jembatan yang kuat di atas sungai yang dulunya memisahkan mereka. Jembatan itu bukan hanya menghubungkan dua sisi fisik desa, tetapi juga menghubungkan hati mereka. Dari saat itu, desa tersebut menjadi tempat persatuan dan kerja sama. 

Mereka telah belajar bahwa perbedaan di antara mereka bukanlah halangan, melainkan menjadi sumber kekuatan. Jembatan yang awalnya hanya sebuah benda fisik, kini menjadi lambang persahabatan dan persatuan yang tak tergoyahkan. Terkadang, peristiwa kecil atau tindakan dari orang-orang yang berani dapat mengubah pandangan orang dan menginspirasi persatuan di antara berbagai kelompok. Dalam keberagaman, kita dapat menemukan kekuatan yang luar biasa dalam bersatu untuk mengatasi tantangan bersama.