Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 6356/SK/BAN-PT/Ak/S/IX/2022, Program Studi Teknik Komputer pada Departemen Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya memenuhi syarat peringkat Akreditasi Unggul. Keputusan tersebut didapatkan setelah dilaksanakan asesmen lapangan secara daring pada tanggal 7 dan 8 September 2022 oleh dua assessor yaitu Prof. Drs. Heru Suhartanto, M.Sc., Ph.D. yang berasal dari Universitas Indonesia (UI) dan Dr. Yani Nurhadryani, M.T. yang berasal dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Sertifikat akreditasi ini berlaku lima tahun kedepan mulai tanggal 20 September 2022 sampai dengan 20 September 2027. Sertifikat tersebut dapat diperpanjang selama prestasi dan performa prodi tidak menurun.

Barlian Henryranu Prasetio, Ketua Program Studi Teknik Komputer, menjelaskan bahwa persiapan untuk akreditasi sudah dimulai sejak bulan Oktober tahun 2021. Dokumen akreditasi telah diajukan pada bulan Maret 2022, kemudian BAN-PT mengirimkan surat untuk visitasi secara daring pada bulan September. Banyak hal yang dipersiapkan untuk visitasi tersebut, termasuk pembuatan video live tour untuk memperlihatkan kondisi FILKOM.

Tingkatan akreditasi kini tidak lagi berupa A, B atau C. Melainkan berubah menjadi Unggul, Baik Sekali, Baik, atau Tidak Terakreditasi. Perubahan tersebut didasarkan pada penerbitan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0 dan Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi (IAPT) 3.0. Untuk mendapatkan akreditasi unggul, diperlukan beberapa syarat tertentu, diantaranya masa studi mahasiswa rata-rata tidak sampai 4,5 tahun, IPK rata-rata lulusan harus diatas 3,25, masa tunggu lulusan untuk dapat pekerjaan pertama harus dibawah 3 bulan, dan kecocokan bidang kerja lulusan dengan bidang kuliah.

Salah satu indikator penilaian di akreditasi mensyaratkan bahwa kurikulum rutin dievaluasi minimal empat tahun sekali. Namun, dalam melakukan perubahan kurikulum diwajibkan untuk melibatkan semua pihak untuk dimintai pendapat, seperti lulusan, mitra pengguna lulusan, dosen, tenaga pendidik, staff, masyarakat, institusi lain, serta asosiasi profesional. Selain itu, dalam kurikulum juga banyak mengadopsi dari Computing Curricula dari ACM yang melibatkan isu-isu terkini dan yang akan mendatang mengenai ilmu komputer.

Barlian banyak berharap kepada mahasiswa karena mahasiswa merupakan ujung tombak yang membawa nama program studi, fakultas, dan universitas nantinya. Dukungan dari mahasiswa sangat dibutuhkan dengan cara meminimalkan masa studi, mempertahankan IPK, serta mendapat pekerjaan cepat dan sesuai bidangnya. Sebagai penutup, Barlian mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung berjalannya proses akreditasi, termasuk pimpinan, dosen, tenaga pendidik, mahasiswa, serta alumni pengguna lulusan.