Universitas Brawijaya (UB) mewakili Indonesia dalam kerjasama pengembangan jaringan 100Gbps untuk mendukung aktivitas riset dan edukasi. Hal ini ditandai dengan UB menandatangani MoU kesepakatan kerjasama bersama Arterial Research and Educational Networking in the Asia Pacific (ARENAPAC) dan Indonesia Research and Education Networking (IDREN) pada beberapa waktu lalu. Kerjasama ini awalnya diinisiasi oleh Prof. Jun Murai dari Keio University Jepang pada awal pandemi untuk membawa jalur 100Gbps dari Tokyo (Jepang) ke Indonesia melewati Guam. Kerjasama ini juga tidak terlepas dari eratnya hubungan kerjasama antara UB dengan institusi di Jepang yang sudah terjalin cukup lama.

“Jaringan ARENA-PAC bukan membuat jaringan kabel laut, tetapi, menyewa provider yang punya kabel laut. Jaringan ini juga menggunakan jalur alternatif melewati Guam hingga ke Tokyo dan juga sejumlah lokasi lainnya. Kabel laut tersebut telah ada dan tersedia tinggal dimanfaatkan ARENAPAC sebagai sebuah institusi membantu untuk membuat interkoneksinya” Ujar Achmad Basuki.

Sebelumya di Indonesia sendiri ada jaringan Indonesia Research and Education Networking (IDREN) untuk aktivitas riset dan edukasi. Koneksi yang ada dari IDREN ke GLOBAL REN, melalui ITB sebagai gerbangnya sudah berlangsung sejak tahun 2006, kecepatannya juga meningkat dari beberapa Mbps sampai sekarang 1Gbps. Namun,jalur ARENA-PAC ini jauh lebih cepat dari jalur IDREN. Dengan kolaborasi antara jaringan IDREN dengan AREN-PAC sebesar 100Gbps akan menambah fasilitas infrastruktur serta meningkatkan traffic riset dan edukasi ke tingkat regional dan global.

Jaringan 100Gbps ARENA-PAC khusus digunakan untuk aktivitas riset dan edukasi tidak menyediakan koneksi internet, youtube, maupun media sosial lainnya. “Jaringan ARENA-PAC tidak menyediakan koneksi internet, youtube, dan lain-lain, tetapi, khusus hanya untuk kebutuhan riset dan edukasi misalnya mengakses pertukaran data antar universitas atau antar lembaga riset di dunia. Jaringan tersebut memungkinkan untuk dapat mengakses data dengan rata-rata resolusi tinggi, live conference, dan lainnya. Pelaku riset dan edukasi akan punya akses terhadap data, cloud, komputasi AI dan komunikasi multimedia beresolusi tinggi serta peluang kolaborasi dengan perguruan tinggi dan lembaga riset global.” Jelas Achmad. 

Universitas Brawijaya, khusunya FILKOM, ikut andil dalam mengembangkan inovasi yang berhubungan dengan berbagi akses. “Sekarang yang kita sedang ilusiasikan yang berhubungan dengan berbagi akses tentang resource komputasi, karena semisal institusi memiliki sumber daya komputasi besar tapi belum tentu benar-benar bisa dipergunakan oleh institusi tersebut, kita perlu membuat mekanisme bagaimana mengorkestrasi keseluruhan infrastruktur yang tersebar dimana-mana. Pada tahun 2021 juga telah membuat akademi IDREN.id untuk berbagi materi praktis teknologi terkini.” Ungkap achmad.

Kerjasama 100Gbps ARENA-PAC yang juga menghubungkan IDREN dan UB sebagai gerbangnya ikut berperan dalam merealisasikan kerjasama tersebut. “posisinya memang ARENA-PAC memberikan fasilitas interkoneksi 100Gbps ke malang kampus UB yang akan menjadi pintu gerbangnya, UB menjadi tuan rumah punya kesempatan cukup besar untuk memanfaatkan lebih baik aktivitas jaringan berbasis informasi dan FILKOM akan menjadi penggeraknya untuk membantu dan bekerjasama dengan IDREN. Nantinya ini akan kita hubungkan dengan data center UB. Progresnya sampai saat ini kabelnya sudah ada tinggal menunggu peralatan yang telah dipesan, targetnya akan berjalan di tahun 2022 ini, kita masih memiliki waktu sampai Desember. Jadi kita berusaha sekeras mungkin untuk merealisasikannya.” Jelas Achmad.
Jaringan ini tidak hanya dikhususkan untuk UB, tetapi, satu Indonesia, jaringan ini dapat dimanfaatkan oleh 82 lebih perguruan tinggi dan lembaga riset yang saat ini telah terhubung ke IDREN untuk dapat bertukar data secara cepat antar lembaga riset dan edukasi baik tingkat regional maupun global. IDREN juga terus berusaha untuk melakukan perluasan aksesnya hingga dapat diakses oleh seluruh perguruan tinggi di Indonesia. (js)