LPM DISPLAY

Lembaga Pers Mahasiswa FILKOM-UB

News

Sharing Jurusan Kuliah Menjadi Pemanis Try Out SBMPTN 2018

Minggu (15/04) telah dilaksanakan Try Out SBMPTN di Gedung F FILKOM UB. Acara ini merupakan agenda tahunan yang menjadi program kerja BEM FILKOM sebelum SBMPTN berlangsung dan merupakan proker pertama yang dijalankan BEM FILKOM sejak pelantikannya pada awal April lalu. Try Out SBMPTN ini digunakan sebagai wadah bagi para calon peserta SBMPTN untuk mengevaluasi kemampuan dan mempersiapkan diri menuju ujian SBMPTN yang akan dilaksanakan serentak pada tanggal 8 Mei 2018, sekaligus dalam rangka mempromosikan FILKOM UB kepada para peserta. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini rangkaian acara Try Out SBMPTN tidak hanya melakukan ujian Try Out dan tur keliling FILKOM, namun juga dibumbui dengan sharing mengenai pemilihan jurusan dan program studi yang dipandu oleh dosen FILKOM yakni Adam Hendra Brata. Selain itu, acara diramaikan oleh penampilan dari Homeband BIOS serta pameran yang dihadiri oleh LSO dan Komunitas FILKOM.

Pada Try Out tahun ini, BEM FILKOM berhasil menjaring 106 peserta baik dari daerah Malang maupun dari luar Malang. Manuel Nicholas selaku ketua pelaksana memaparkan bahwa jika dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah peserta yang mengikuti Try Out SBMPTN yang diselenggarakan oleh BEM FILKOM ini mengalami penurunan, dimana jumlah peserta tahun lalu mencapai sekitar 200 orang. “Dari jumlah pesertanya lebih rame tahun lalu, tahun ini lebih sedikit, mungkin anak-anak kelas 12 SMA sudah capek Try Out, atau sudah rata-rata ikut bimbel, mungkin Try Out di bimbel,” ungkapnya. Ia juga menambahkan bahwa persiapan yang terlalu singkat menjadi salah satu faktor menurunnya jumlah peserta Try Out. “Sounding acara bisa dibilang mulai sebulan yang lalu, jadi agak mepet karena ini juga proker pertama dan juga baru diklat staf minggu lalu sedangkan terbentuknya baru bulan lalu,” tambahnya.

SBMPTN sendiri tahun ini mengalami perubahan sistem penilaian. Jika pada tahun-tahun sebelumnya penilaian memiliki poin benar +4, salah -1, serta 0 apabila tidak diisi, tahun ini setiap soal memiliki bobot nilai tersendiri sesuai dengan tingkat kesulitan soal dan tidak ada minus jika pilihan salah. Menanggapi hal tersebut, BEM FILKOM selaku penyelenggara telah bekerjasama dengan BIC (Brawijaya Intensive Centre) Malang selaku penyedia soal Try Out untuk menerapkan sistem penilaian yang baru. “Sudah kami pakai sistem penilaiannya, sudah gak pakai +4 -1, pokoknya mengikuti SBMPTN tahun ini karena memang tujuannya untuk mempersiapkan SBMPTN tahun ini,” tutup Manuel. (iw)

LEAVE A RESPONSE