LPM DISPLAY

Lembaga Pers Mahasiswa FILKOM-UB

News

Resource Tidak Ada, Teknik Komputer Mendapatkan Pengecualian pada OF 2016

Ada yang berbeda dari Olimpiade FILKOM (OF) tahun ini, untuk Teknik Komputer yang tidak memiliki resource pada angkatan 2015. Pada cabang olahraga yang hanya dibuka untuk angkatan 2015, Teknik Komputer tidak dapat berpartisipasi ataupun diwakilkan oleh angkatan diatasnya (2013 dan 2014, red), namun diberikan kesempatan berupa eksebisi atau pertandingan persahabatan. Eksebisi ini merupakan kesepakatan dari perwakilan tiap angkatan, ketua angkatan, dan ketua Himpunan pada forum yang diadakan tanggal 16 April lalu di sekretariat BIOS. “Agar SisKom (Teknik Komputer, red) terlihat berkontibusi dalam OF ini kita buat eksibisi. Semisal futsal, dia bukan peserta tetapi dibuka eksebisi. Contoh saya dari Informatika, dari futsalnya saya menang maka akan ada eksebisi melawan SisKom (Teknik Komputer, red),“ tutur Mochammad Adhy, Ketua Pelaksana OF 2016. Untuk cabang olahraga seni, Teknik Komputer diberikan kesempatan sebagai bintang tamu dalam acara penutupan olimpiade ini.

Tidak hanya itu, OF kali ini juga memiliki peserta baru yaitu Pendidikan Teknologi Informasi (PTI). Meskipun prodi ini baru dibuka pada tahun lalu, PTI siap berlaga pada OF 2016. Banyak kendala yang dialami  PTI antara lain, sulitnya pencarian atlet, biaya pendaftaran di beberapa cabor yang tergolong mahal, serta beberapa rekan PTI sedang mengikuti turnamen lomba di luar kampus.

”Terkait OF ini sendiri memang cukup dirasa sulit bagi PTI yang hanya memiliki resource 72 mahasiswa aktif, terlebih cabang olahraga terbilang banyak baik beregu maupun individu,” ungkap Fesri Haris, ketua angkatan PTI 2016. Meski demikian, Fesri berharap teman-temannya dapat berpartisipasi dalam kompetisi tersebut. Perihal juara adalah bonus dari sebuah usaha. PTI juga mempunyai atlet yang mampu mendapatkan predikat juara pada OF 2016 dengan mendelegasikan Anaqin dan Hakky pada cabang olahraga catur, Hosea dan Nadia pada cabang seni vocal solo. “Kami yakin, dengan atlet catur dan vocal solo serta atlet PTI lainnya akan mengaitkan beberapa juara di OF 2016,“ tambahnya.

OF 2016 membuka 7 cabang olahraga meliputi: futsal, basket, tenis meja, badminton, voli, catur dan bridge. Sedangkan untuk cabang seni ada 4, yaitu: solo vocal, band, poster dan fotografi. Tujuan utama diadakannya OF adalah untuk menjaring atlet-atlet dan seniman termuda FILKOM, yang berbakat guna mempersiapkan ajang Olimpiade Brawijaya. Ada 4 tempat yang digunakan dalam kompetisi kali ini, meliputi Arena Futsal Champions Tidar, Area FILKOM, lapangan voli Sibagor, dan UB Sport Center. Kompetisi ini akan berlangsung selama satu minggu mulai tanggal 27 Mei sampai 2 Juni 2016. Pada tanggal 27 Mei 2016 nanti akan dilaksanakan pembukaan OF yang bertempat di Arena Futsal Champions Tidar. (ad)

LEAVE A RESPONSE