LPM DISPLAY

Lembaga Pers Mahasiswa FILKOM-UB

News

Rektor Bicara 2: Resminya FILKOM Menjadi Fakultas Hingga Masterplan Area Sekitar FILKOM

Acara Rektor Bicara 2 yang digagas oleh Kementrian Dalam Negeri Eksekutif Mahasiswa Universitas Brawijaya 2015 pada Selasa (3/11) kemarin cukup membawa angin segar bagi FILKOM. Bersama dengan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) dan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH), kini FILKOM telah resmi menjadi fakultas. Keputusan tersebut menambah jumlah fakultas di Universitas Brawijaya, “Jadi kita sekarang menjadi 15 fakultas, yang ijinnya belum turun adalah Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Kedokteran Gigi itu baru turun ijinnya. Tetapi sekarang sudah sah menjadi fakultas,” ujar  Rektor UB M. Bisri.

Bisri membeberkan proses pengajuan menjadi fakultas yang membutuhkan beberapa tahap. Tahap pertama yaitu permohonan pengajuan pendirian fakultas oleh rektorat kepada Senat UB, jika disetujui maka akan dikirimkan kepada Dikti. Setelah Dikti setuju, tahap terakhir akan ditentukan oleh Kemenpan. “Cuma masih kurang satu (proses perijinan fakultas, red). Oleh senat sudah disetujui, sebenarnya itu cukup untuk langsung diubah menjadi fakultas. Seperti FISIP dan FIB itu sebetulnya fakultas yang pengesahannya hanya sampai di rektorat belum sampai Kemenpan,” ungkap Bisri.

Selain mendaftarkan FILKOM, FKG dan FKH kepada Kemenpan, Bisri juga mendaftarkan FISIP dan FIB agar mendapat pengesahan dari Kemenpan. Dengan persetujuan Kemenpan dan sah menjadi fakultas, maka gaji dosen dan staf yang termasuk dalam pns, secara otomatis beralih menjadi tanggungan negara (sebelumnya oleh Universitas Brawijaya, red). Beliau mengklaim kelima fakultas tersebut sebenarnya telah disetujui, hanya tinggal menunggu proses hitam di atas putih. “Saya sudah diundang oleh Menpan, sudah presentasi, sudah disepakati semua tinggal ditulis di lembaran. Mudah-mudahan minggu depan, kalau keluar nanti langsung pemilihan dekan,” tutur Bisri.

Di samping pembahasan utama masalah perijinan fakultas, Rektor Bicara 2 yang dikemas secara menarik dalam talkshow kemarin banyak membahas tentang masterplan kampus Universitas Brawijaya. Simpulan penyampaian masterplan tersebut menjadi sangat menarik bagi warga FILKOM, pasalnya area selatan yaitu kawasan sekitar FIlKOM yang masih dihuni Polinema akan diubah menjadi bangunan 5 tower. Berdasarkan gambar masterplan, area FILKOM hanya menyisakan gedung A, gedung B, gedung E dan 2 gedung baru berlantai 12. Sehingga menjadi sebuah kemungkinan jika area gedung D yang saat ini menjadi pusat keramaian lembaga mahasiswa FILKOM juga akan ikut diratakan untuk mendukung perwujudan masterplan tersebut.

Lima tower yang dirancang akan menjadi gedung kuliah 1 untuk FKG, gedung kuliah bersama S1, gedung kuliah bersama S2, gedung kuliah bersama S3 dan perkantoran. “Gambarnya sudah selesai, insya allah tahun 2016 sudah dibangun secara bertahap,” ujar Bisri. Gedung pascasarjana yang ada di Jalan MT. Haryono akan dipindah di wilayah 5 tower tersebut. Pemindahan ini sebagai bentuk upaya pemindahan keramaian dan memusatkan UB di wilayah selatan. “Jadi nanti yang pasca sarjana akan digunakan zonasinya Fakultas Teknik. Di sana nanti akan longgar sekali, keramaian pindah di selatan. Muka UB nanti lebih banyak dilihat dari sisi selatan,” terang Bisri. Dengan wujud masterplan 5 tower dan pemindahan pusat keramaian UB di wilayah selatan, lantas bagaimana wajah FILKOM era mendatang?

(krb)

 

LEAVE A RESPONSE