LPM DISPLAY

Lembaga Pers Mahasiswa FILKOM-UB

News

Perubahan PK2Maba dari Event ke Pembinaan, Penerima Sms SOBAT FILKOM Bisa Jadi Duta FILKOM

Pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru (PK2Maba) StartUp Academy tahun ini sedikit berbeda dari PK2 tahun lalu pada sisi kepanitiaan. Pasalnya, PK2Maba dan Pelatihan PKM (P2KM) tahun ini memiliki panitia yang berbeda. Kendati demikian, Roudhotul Ridho Akbar selaku menteri PSDM BEM FILKOM 2016 mengatakan bahwa PK2Maba dan P2KM masih dalam satu lingkup.

“Sebenernya bukan dipisah. Itu tetap dalam satu rangkaian PK2Maba, cuma yang beda untuk tahun ini itu kepanitiaanya,” ujarnya.

Dengan adanya pemisahan tersebut, diharapkan dapat membuat panitia lebih fokus dalam tugasnya. “Itu sebenernya untuk mempermudah temen-temen dari PK2 untuk menjalani minggu-minggu dalam probin maba itu, dalam StartUp Academy itu. Harapannya, fokusnya temen-temen PK2 itu ya ke pembinaan, mental, maupun karakteristiknya maba 2016. Nah, sedangkan yang P2KM itu mereka juga fokus ke membina PKM,” tambah Akbar.

Tak hanya dua kepanitiaan itu, pada rangkaian PK2Maba 2016 ini juga akan dibuat lagi panitia-panitia kecil yang nantinya akan dilebur dalam satu acara StartUp Academy, seperti Open House LSO dan Sekolah Pergerakan FILKOM.

Selain dibuatnya berbagai macam panitia, sms bertajuk Sobat FILKOM pun sempat ramai diperbincangkan karena hanya segelintir mahasiswa yang mendapatkan pesan singkat tersebut. Saat dikonfirmasi ke Akbar, ternyata memang benar adanya sms tersebut. Sobat FILKOM sendiri dipilih langsung oleh dosen dan BK dengan melihat nilai akademik dan tes psikologi para mahasiswa. Sobat FILKOM inilah yang nantinya akan dijadikan sebagai pendamping dalam rangkaian acara PK2Maba 2016 selama satu semester. “Tapi sobat FILKOM bukan hanya dijadikan pendamping, tapi juga dijadikan duta FILKOM, jadi dia bisa menyambut tamu, bisa aktif dalam komunitas-komunitas dosen, dijadikan seperti itu. Jadi, bukan hanya jadi pendamping. Jadi ini jangka panjang,” jelasnya.

PK2Maba tahun ini lebih diarahkan ke pembinaan mahasiswa baru yang harapannya dapat menciptakan mahasiswa baru yang lebih baik lagi dari tahun sebelumnya. “Arah PK2Maba tahun ini lebih ke pembinaan, bukan event, jadi kita nanti akan membina mental dan akan bina sopan santunnya mereka, kekeluargaannya mereka, team work nya mereka, kita akan bina semuanya. Soalnya emang sudah dirumuskan nilai-nilai yang akan dibawa itu termasuk kreativitas dan prestatif, terus  6s yaitu senyum, salam, sapa, sopan, santun, dan sayang, juga kekeluargaan,” tutup Akbar.(nli)

LEAVE A RESPONSE