LPM DISPLAY

Lembaga Pers Mahasiswa FILKOM-UB

News

Hology 2023: Sorotan Rangkaian Acara Besar di Dunia Teknologi Informasi

Hology merupakan sebuah proker besar yang diselenggarakan oleh BEM Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya, telah menjadi salah satu acara terkemuka dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi. Dalam seri yang telah berlangsung selama enam tahun, Hology telah mengambil peran penting dalam memajukan pengetahuan dan kreativitas mahasiswa di bidang tersebut. Acara ini mencakup berbagai rangkaian kegiatan yang berbeda setiap tahunnya, seperti seminar nasional, kompetisi, dan final competition.

Rangkaian pertama Hology 2023 dimulai dengan Seminar Nasional yang digelar pada tanggal 22 September 2023. Seminar tahun ini membahas topik-topik terkini seputar teknologi informasi dan komunikasi, dan telah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan wawasan yang berharga dari para ahli di bidangnya. Hology juga menawarkan beragam cabang lomba, termasuk Capture the Flag, UI/UX, dan Business IT Case. Acara ini mengakomodasi peserta dari berbagai latar belakang, mulai dari mahasiswa perguruan tinggi hingga siswa SMK. Prioritasnya, diberikan kepada mahasiswa dari Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya.

Menurut Nabila, selaku ketua pelaksana Hology 2023, latar belakang Hology adalah menciptakan wadah untuk mengembangkan ide dan kreativitas mahasiswa, khususnya di bidang teknologi ilmu komputer. Acara ini memberikan platform bagi peserta untuk menguji kemampuan mereka dalam lomba dan seminar. Tema Hology 2023, yakni 5G, bertujuan untuk mengenalkan teknologi terbaru kepada mahasiswa dan siswa.

Nabila mengatakan bahwa meskipun Hology adalah acara tahunan yang telah berlangsung selama beberapa tahun, tetapi setiap tahunnya memiliki ciri khasnya sendiri. Selain tema yang berbeda, tiap acara juga memiliki varian kompetisi yang diadakan. Inovasi kompetisi ini memberikan nuansa baru kepada peserta yang setia mengikuti Hology dari tahun ke tahun.

Menurut Nabila, persiapan Hology memiliki beberapa kendala yang dihadapi, seperti kesulitan dalam menggerakkan panitia dan mengarahkan peserta dari seminar dan kompetisi. Selain itu, kendala lainnya yaitu mencari tanggal yang cocok untuk peminjaman ruangan juga menjadi tantangan. Namun, tim pelaksana Hology dengan tekun dapat mengatasi hambatan ini untuk menyelenggarakan acara yang sukses.

Secara keseluruhan, Hology 2023 menawarkan serangkaian acara yang menarik, edukatif, dan penuh tantangan dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi. Adapun pemenang cabang lomba dari Hology antara lain:

Capture the flag:

Juara 1: SHA-587 – Institut Teknologi Bandung

Juara 2: FlagGPT – Binus University

Juara 3: Shelltactic – SMKN 7 Semarang

UI/UX 

Juara 1: Next Level – Universitas Brawijaya

Juara 2: Raja Brawijaya – Universitas Brawijaya

Juara 3: Pejuang 3.5Y – Universitas Pembangunan Nasional

Business IT Case

Juara 1: Velocity – Universitas Brawijaya

Juara 2: Restu Ortu – Universitas Brawijaya

Juara 3: Roger – Politeknik Astra

Nabila berharap semoga acara ini berjalan lancar dan semakin berkembang di masa mendatang serta memberikan manfaat yang lebih besar bagi mahasiswa dan para pencari pengetahuan di bidang teknologi.