Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Brawijaya kembali mencatat prestasi gemilang dalam ajang Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) XVII 2024. Tim FILKOM berhasil menyabet juara di empat cabang lomba bergengsi, memperkuat posisi mereka sebagai salah satu fakultas unggulan di bidang teknologi informasi di Indonesia.

Wakil Dekan III FILKOM, Arif Rahman, menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian ini. “Kami sebenarnya tidak menetapkan target khusus, namun selalu berusaha memberikan yang terbaik, mengingat GEMASTIK adalah kompetisi besar. Salah satu hasil terbaik kami adalah di Divisi Desain Pengalaman Pengguna (UI/UX), di mana pengalaman kami sebelumnya membantu dalam memahami indikator kemenangan. Untuk Divisi Pengembangan Bisnis TIK, meski sebelumnya pernah meraih perunggu, kami sempat tidak berhasil pada tahun berikutnya. Namun, tahun ini kami mencoba lagi dan alhamdulillah, berhasil meraih penghargaan. Kejutan terbesar datang dari Divisi Keamanan Siber, meski hanya meraih juara ketiga, itu adalah pencapaian luar biasa mengingat bergengsinya kategori ini. Alhamdulillah,” ujarnya.

Dalam ajang yang diikuti oleh universitas-universitas dari seluruh Indonesia ini, FILKOM berhasil meraih prestasi di beberapa divisi lomba, yaitu:

  • Keamanan Siber – Juara 3
  • Desain Pengalaman Pengguna – Juara 2
  • Pengembangan Aplikasi Permainan – Juara Harapan
  • Pengembangan Bisnis TIK – Juara 3

Kemenangan ini tidak lepas dari persiapan matang yang dilakukan oleh FILKOM. “Sejak jauh-jauh hari, kami sudah menginformasikan kepada Lembaga Semi Otonom (LSO) dan mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti GEMASTIK. Dosen pembimbing kemudian melakukan monitoring dan evaluasi sebanyak dua kali. Tahun ini, ada 10 divisi yang lolos sebagai finalis. Selama tiga minggu terakhir, dilakukan pembinaan intensif, dan setiap divisi merancang pola pembinaannya masing-masing,” tambah Arif Rahman.

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi tim FILKOM adalah menjaga kualitas presentasi. “Meskipun produk dan materi yang kami siapkan sangat baik, penyampaian materi dalam presentasi menjadi tantangan tersendiri. Mental yang kuat sangat diperlukan untuk menghadapi hal ini. Namun, berkat kerja keras dan dedikasi tinggi, tim FILKOM mampu mengatasinya dan tampil sebagai pemenang,” lanjutnya.

“Kemenangan ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus berkembang dan meraih lebih banyak prestasi di masa depan. Kami berharap mahasiswa FILKOM lainnya juga terinspirasi untuk aktif berpartisipasi dalam kompetisi bergengsi lainnya,” tutup Arif Rahman.

Rivaldo, salah satu anggota tim 2EZ4RAION yang meraih juara harapan di Divisi Pengembangan Aplikasi Permainan, juga berbagi pengalamannya. “Tentu kami bersyukur, meski merasa belum maksimal. Persiapan dan proses mengembangkan game saat GEMASTIK kemarin cukup hektik, terutama di bagian akhir ketika kami harus mengejar progres. Tantangan terbesar ada di final, terutama saat presentasi, karena kami sangat kewalahan. Namun, pengalaman di final tetap seru karena tidak disangka kami bisa mendapatkan beberapa teman baru dari luar kampus, khususnya sesama game developer,” ungkapnya.