LPM DISPLAY

Lembaga Pers Mahasiswa FILKOM-UB

News

Artropolis: Program Kerja Baru Berhaluan Seni di Fakultas Berbasis Teknologi

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Brawijaya telah meluncurkan program kerja baru bernama, Artropolis, yang bertujuan untuk memberikan wadah bagi mahasiswa FILKOM untuk menunjukkan kreativitas dan bakat mereka di bidang seni.
Menurut Wulan, ketua pelaksana Artropolis, latar belakang diadakannya Artropolis adalah banyak mahasiswa FILKOM yang memiliki keminatan dan ketertarikan di bidang seni. Namun, mereka kurang mendapat bimbingan dan arahan yang tepat untuk melatih skill mereka. Oleh karena itu, Artropolis disini berperan sebagai wadah untuk mahasiswa FILKOM dalam menyalurkan bakat mereka di bidang seni agar dapat melanjutkan bakatnya menjadi prestasi di Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS).
Artropolis terdiri dari tiga rangkaian acara, yaitu competition, art exhibition, dan awarding. Competition telah diadakan pada 24 September 2023 lalu di Gedung Algoritma. Terdapat empat cabang lomba yang dapat diikuti, yaitu fotografi, desain grafis, solo vokal, dan tari tradisional. Selanjutnya, Art Exhibition telah dilaksanakan pada 14-15 Oktober 2023 di GKM FILKOM UB, dilakukan pameran dan apresiasi dari karya seni peserta. Terakhir, awarding telah dilaksanakan juga pada tanggal 15 Oktober di tempat yang sama.
Wulan, Ketua Pelaksana Artropolis, mengatakan bahwa tantangan terbesar dalam menyelenggarakan Artropolis adalah branding acara. Hal ini dapat terjadi karena Artropolis adalah proker baru dan masih banyak orang yang belum mengenalnya. Namun, ternyata mahasiswa FILKOM memberikan respons yang sangat positif dan antusias. Wulan berharap bahwa Artropolis akan terus dilaksanakan di periode BEM selanjutnya. Ia juga berharap Artropolis akan menginspirasi lebih banyak mahasiswa FILKOM untuk mengeksplorasi dan mengembangkan potensi seni mereka, serta untuk mewakili FILKOM di ajang perlombaan selanjutnya.