Kreatif tidaklah cukup untuk menggambarkan salah satu mahasiswa program studi Teknik Komputer angkatan 2018, Huda Ahmad. Kata adaptif dan inovatif pun ikut mengiringi mahasiswa yang menggeluti bidang industri kreatif ini. Tujuh tahun menggeluti bidang kreatif, Huda telah berhasil membuat sebuah startup edukasi konten kreatif bernama Beginnery. Ia berhasil menggaet lebih dari 500 orang pengikut di sosial media. Ingin tahu dengan cerita lengkapnya? Yuk simak hasil bincang-bincang kami berikut ini!

Gimana awalnya Huda bisa jadi content creator?

Aku nggak terlalu menyebut diri aku content creator, sih. Karena memang intinya nyoba-nyoba aja sih. Dulu nggak ngerti passion-nya apa, bakatnya di mana, jadi nyoba semua. Karena pada dasarnya kalau aku pribadi kalau nggak nyoba ya nggak bakal tau passion-nya di mana. Jadi kalau dibilang asal muasalnya suka bikin konten atau sekarang lagi garap startup ya pada dasarnya coba-coba aja.

Dalam bidang digital creator atau content creator, kenapa Huda selalu ingin mencoba hal-hal baru?

Karena pertama, Huda’s human nature itu nggak pernah puas. Itu intinya nyoba-nyoba karena aku memang rasa kayaknya ini bukan bidang aku deh. Pada akhirnya aku cobain semua. Aku bikin podcast, aku bikin startup, aku bikin konten desain, aku bikin konten editor, nge-YouTube dan lain-lain. Udah sampai habis yang aku bisa capai, aku kerjain semua pasti nanti aku punya track record plus minusnya. Nanti dari evaluasi aku sendiri, aku bisa nentuin, oh kayaknya dari semua kemungkinan bidang aku bikin digital creator. Kayaknya bidang itu deh yang paling effort-nya dikit, akunya nyaman, insight-nya tinggi. Kalau aku ngehindarin waktu telat sih sebenarnya. Ngehindarin takutnya udah terlalu tua. Jadi rasa ketakutan telat itu aku mau ngulik. Coba semuanya dan nothing to lose juga sebenarnya.

 Kapan  Huda pertama kali mencoba bidang digital creator ini?

SMP kelas 3. Jadi itu kalau di SMP kelas 3 itu ada tugas bahasa Inggris disuruh bikin drama dengan bahasa Inggris bentuknya video. Nah, kebetulan waktu itu dapat ya kebiasaan kita kalau ada di kelompok sekolah kan suka dapat kelompok yang agak dalam kurung “wadidaw”, jadi kita terpaksa harus effort banyak waktu itu. Aku yang bikin script terpaksa, terus aku yang bikin cerita karena aku suka nonton film juga jadi udah terbiasa suka ngayal. Mau nggak mau nyemplung harus bisa belajar ngedit video. Dari situ mulai tuh kayak seru ya buka laptop, bisa bikin film kayak gini. Mungkin karena asyik itu hal baru. 

 Udah ada berapa banyak konten yang Huda buat dari awal?

Banyak banget sih. Cuman kalau aku sebutin bidangnya, aku pernah produce film, pokoknya dunia film aktornya pernah, producer pernah script writer pernah, director of photography pernah, content daily YouTube juga aku sempat bikin kayak vlog tutorial review gitu aku pernah. Terus podcast udah, yang masih berlanjut sampai sekarang. Terus sketsa kalau kamu tau Jowoannya yang Atmabara itu versinya aku. Content marketing sebenernya udah sering upload tapi aku take down lagi karena waktu itu masih minder masalah marketing-nya tapi masih banyak yang mau di-upload di Beginnery.  Terus kelas desain yang di startup Beginnery jatuhnya ada banyak juga di situ ada konten tactics, ada marketing, kelas design, graphic design, public speaking terus sama video editor terakhir. Hampir semua tentang creative industry aku cobain semua. IG TV aku udah nyoba, post feed juga udah, video endorse marketing periklanan juga udah.  

Sekarang Huda lagi aktif bikin platform edukasi kreatif yang bernama Beginnery. Boleh tau nggak, gimana awal mulanya Huda bikin Beginnery?

Aku kan iseng bikin Beginnery karena banyak temen aku yang minta diajarin desain, terus pasarnya ada, bikinlah dan aku upgrade ke berbagai bidang. Dari situ orang ngeliat oh ada nih orang yang bisa ngajar desain, datanglah tawaran-tawaran. Tanpa aku ngasih rate harga itu dibayar sama mereka. Dari aku yang pemikirannya cuma mau bikin dan niat bantu share edukasi tentang industri kreatif nggak ngincer duitnya, duitnya datang sendiri. Nah gara-gara itu gua gak usah mikir ini sukses bakal uangin atau enggak nanti uang juga bakal datang sendiri, motivasi yang kaya gitu bikin aku nyaman. 

Ketika membuat konten, tema yang Huda pakai buat konten itu udah direncanakan sebelumnya?

Kalo masalah tema atau genre aku sebenarnya lebih ke orang yang planning, tapi planning-nya just as a reminder. Aku udah tau nih bahan buat marketing bagian produk, nah aku cuma tulis aja di Trello aku, “Jangan lupa take video produk.” Poin pentingnya karakter gini, gini, gini, gini. Aku enggak ngejabarin semuanya gitu, karena aku lebih jabarin itu langsung dari kepala. Kalau masalah take-nya aku mood-mood-an.

Gimana cara Huda munculin ide untuk bikin konten?

Harus fresh pikirannya, jadi kalau dari aku caranya buat konten-konten baru pasti sering-sering mantau yang laku di masyarakat, cuma kalau punya ide di kepala nggak bisa dikeluarin ya aku pasti refreshing kalau nggak pergi ke coffee shop sendirian ngopi atau tidur atau main game yang penting pikiran jangan ke arah sana dulu biar dilupain sehari dua hari nanti on track balik lagi lanjutin.

Gimana caranya Huda bisa mendapat insight yang besar di konten yang Huda buat?

Insight-nya gede banget karena bikinnya bukan coba-coba, at least bener coba-coba, cuman nggak mangprang cuma coba-coba ayo bikin, gitu enggak. Kebanyakan orang nggak belajar marketing-nya. Nggak tau harus taktik apa yang ditaruh. Kebanyakan orang cuma bikin aja berdasarkan satu atau dua orang temennya, enak-enak jual, laku iya, cuman apakah bertahan,  apakah meningkat, apakah sustainable? Nggak yakin sih. Nah nanti marketing-nya harus ada strateginya. Oh ini ada pasar temen-temen kita yang nggak bisa kita reach. Minta tolong temen yang misal followers-nya dua ribu, nah dari dua ribu itu at least ngeliat produk, masalah beli atau enggak itu udah diliat dari dua ribu itu. Karena juga orang kalau bisnisnya bagus harus paham marketing-nya gitu. Aku waktu itu alhamdulillah cukup paham. 

Setelah terjun di bidang digital creator ini, gimana cara Huda tetap konsisten dalam membuat konten?

Balik ke motivasi sih, ngelakuin ini tuh buat apa. Kita ngomong Beginnery aja deh, kenapa konsisten masih mau menggarap Beginnery? Karena pertama motivasi dan aku ngeliat segala chance benefit yang bisa aku dapetin dari Beginnery. Kalau orang cuma mikir, “Ngapain sih orang buat start up, share-share konten nggak dibayar.” Hanya mikir dari itu orang tuh nggak bakal upgrade dan enggak bakal ada motivasi. Sama kayak orang trading cuma mikir kapan kayanya, ya nggak bakal nyampai, kan butuh proses dan butuh waktu. Makanya dibilang trading gitu buat passive income atau long term. Nah aku nerapin konsep pemikiran yang kayak gitu buat aku bikin konten di Beginnery. Aku nggak bakal nyari Beginnery bakal berduit buat aku karena satu lagi pelajaran yang aku ambil dari kuliah kalau kamu ngelakuin bidang atau passion karena duit itu nggak bakalan kesampaian. Nah, yang bikin aku konsisten bikin itu karena aku nyaman ngelakuin itu. Jadi, saran aku kalo mau konsisten ngelakuin sesuatu dinyamanin dulu karena ngapain ngelakuin hal yang gak nyaman gitu. Kebetulan dalam Beginnery aku nyaman karena timeline sesuai aku, kontennya sesuai aku, dan itu milik aku. Kuncinya nyaman aja. 

Untuk menemukan kenyamanan dalam suatu hal ada batasan waktu tertentu gitu atau nggak?

Sebenernya nggak ada sih, bukan ada batas waktu tapi batas dari kamu sendiri. Kalau kamu ngetes kayak “Ah bentar lagi ini nyaman nih.” Kalau kamu dari awal udah gak nyaman yaudah. Tapi pastiin dulu kamu udah maksimal di situ. Butuh evaluasi nanti kamu ngerasain akhirnya kebiasaan. Jadi batasnya ya diri sendiri bukan waktu. 

Gimana cara Huda biar tetap termotivasi belajar ?

Cara termotivasi biar tetep belajar adalah harus percaya belajar itu gak ada ending-nya dan harus bisa mikir dari segala arah bukan open minded ya. Kalau open minded kan kesannya argumen dan sebagainya. Contohnya gini, aku pernah ditanya kok berani buat kelas desain emang lu jurusan apa, ada literatur desain grafis, emang belajar secara buku dan lain-lain. Terus aku jawab, ya kalau aku mau sharing ke temen-temen nunggu aku punya gelar sastra dan desain grafis ya temen-temen aku keburu punya gelar duluan. Tapi masalahnya patokannya adalah kamu punya gelar pun di mata orang designer pun ada yang lebih. Di mata kamu aku pro dalam startup, pro dalam digital, ada lagi orang lain yang lihat aku “Ah udah biasa aja.” Akan selalu ada karena emang gak ada batasnya belajar, ilmu itu gak ada tarafnya. Kalau pemikiran kita itu ke sana gak dibarengin sama willing atau kehendak kita ya gak bakal gerak-gerak. Yang bikin aku motivasi gitu ngajar dan bikin kelas gratis dan lain-lain ya karena willing-nya lebih kuat. Nah willing itu selain bermanfaat buat orang lain, itu juga bermanfaat buat aku secara gak langsung. Manfaat public speaking aku semakin diasah, personal branding aku semakin naik. Jadi, benefit-nya jauh lebih banyak di aku sebenernya. Jadi pemikiran orang yang stagnan yang bilang “Ah, lu belum pro” atau “Ngapain lah sharing-sharing nanti salah.” Ya kita tuh ngajar dan belajar karena ada kesalahan itu dan udah pasti salah. Kalau passion aku di startup gak mungkin dikasih 40 market orang, gak langsung jadi gede. Adanya mereka evaluasi aku jadi lebih banyak gitu jadi belajar itu endless, everlasting lah.  

Mau tau dong, suka duka Huda selama jadi digital creator itu apa aja?

Sukanya itu lagi pandemi ngisi waktu luang dan aku senengnya respond, sih. Di balik aku suka ngonten itu aku selalu dapet request direct message dari IG tuh kayak “Eh gua gak kenal lu tapi gua suka konten lu” itu banyak banget. Aku tuh suka dapet kayak gitu tuh ngerasa kayak spesial aja gitu, padahal aku bikinnya nggak terlalu wah gitu, dibanding compare sama yang lain itu sebenernya ada yang lebih proper gitu. Sesepele-sepelenya tindakan aku setiap bikin konten atau kelas edukasi, pasti itu sangat bermanfaat buat orang lain gitu. Nah jadi sukanya disitu bisa nolong orang yang masalahnya bener-bener enggak ada di circle aku. Kalau dukanya itu, tuntutan sih. Kayak satu sisi semangat, satu sisi kita juga punya mood dan lain-lain. Dukanya tuh tuntutan kayak kapan ada kelas lagi, kapan ada ini lagi, kayak mereka haus akan konten aku dan aku juga haus akan semangat tapi aku juga satu dua hal ada yang nggak mood

Mungkin Huda bisa bagi tips buat teman-teman yang ingin mencoba suatu hal?

Kalau dari aku sendiri, kebanyakan orang kan terlalu sibuk sama kesempurnaan, ya. Kayak mau bikin ini bikin itu selalu pengen sempurna sampai nggak ada yang selesai. Nah kalau aku bukan masalah seriusnya, tapi aku selesaiin. Jadi daripada kamu atau teman kamu nih  sibuk nyari passion, jangan terlalu sibuk nyari kesempurnaan dari bidang itu. Tapi mending selesai dulu gitu karena orang banyak yang nyari sempurna sampai lupain ada yang selesai, mending selesai satu meskipun nggak sempurna.  Nah untuk mencapai coba-coba itu secara maksimal atau biar dibilang nggak useless ya kita effort-nya maksimal gitu.

Terakhir, harapan Huda buat kedepannya apa? Ada hal lain yang mau Huda coba?

Yang aku lagi nyoba itu jadi creative consultant buat marketing apa pun entah itu UMKM, software house, jadi aku ngebantuin marketingnya. (hmw)