Hari Kesehatan Dunia atau World Health Day diperingati pada tanggal 7 April setiap tahunnya mulai dari tahun 1950. Hari Kesehatan Dunia ini bertujuan untuk mendorong kesadaran masyarakat terhadap isu kesehatan global. Tiap tahunnya, WHO mengajak seluruh masyarakat di dunia untuk memperingati Hari Kesehatan Dunia dengan tema yang berbeda, seperti pada tahun 2021 tema yang diangkat adalah “Building a fairer, healthier world for everyone”, dan “Support Nurses and Midwives” untuk tahun 2020. 

Tahun ini, Hari kesehatan dunia mengusung tema Our Planet, Our Health yang artinya Planet kita, Kesehatan Kita. Dikutip dari laman resmi WHO, lebih dari 90% orang menghirup udara yang tidak sehat akibat pembakaran bahan bakar fosil. Kenaikan suhu dan cuaca ekstrem akibat perubahan iklim juga menimbulkan banyak masalah kesehatan serius, serta sampah-sampah plastik di laut yang mengganggu rantai makanan di dalamnya. Dari poin-poin tersebut, dapat kita lihat bahwa kerusakan bumi dapat menjadi ancaman terhadap kesehatan manusia. Semakin baik keadaan bumi, maka semakin baik pula kesehatan manusia di dunia.

Apa sih yang bisa kita lakukan untuk menjaga keadaan bumi? Kita bisa mulai menjaga keadaan bumi dengan hal-hal sederhana seperti tidak membuang sampah sembarangan, mencoba untuk mendaur ulang sampah, mengurangi berbelanja online yang di mana terkadang tiap barang yang kita beli akan dibungkus dengan plastik yang tidak sedikit, mematikan lampu saat tidak digunakan, menggunakan air secukupnya, dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi saat berpergian dengan mencoba beralih ke transportasi umum.(has)