Instagram atau yang akrab disebut IG adalah salah satu sosial media yang sedang hit dan digandrungi oleh seluruh kalangan. Dari milenial atau generasi Y hingga generasi Z. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya pengguna Instagram dewasa ini. Dilansir dari CNBC Indonesia (05/03) pengguna Instagram sudah mencapai lebih dari 1 miliar. Kemudian menurut data wearesocial.com Januari 2018, Indonesia menempati posisi tiga dalam peringkat pengguna aktif Instagram di seluruh dunia, dengan 53 juta pengguna aktif di bawah Brazil dan Amerika dengan jumlah masing-masing 57 juta dan 110 juta pengguna.

Pengguna Instagram yang melejit dan memiliki angka tinggi ini bukan tanpa sebab. Instagram mempunyai teknologi serta fitur-fitur yang dapat menarik penggunanya. Sebut saja teknologi filter wajah menggunakan Augmented Reality (AR) pada penggunaan fitur Story-nya.

Walaupun kita tahu Instagram bukanlah penggagas penggunaan teknologi filter berbasis AR, melainkan pesaingnya yaitu snapchat. Fitur filter wajah pada Instagram Story lah yang kemudian menarik lebih banyak peminat, karena pengguna Instagram lebih banyak dan masif ketimbang Snapchat.

Bukan hanya itu, banyak yang tidak menyadari terdapat hal menarik lain dari fitur filter wajah pada Instagram. Pada bulan Mei 2018 lalu, Instagram memberikan izin pada brand, figur publik, artist, dan kreator lainnya untuk membuat filter wajah dengan menggunakan Spark AR Studio milik Facebook untuk digunakan pengguna Instagram lainnya.

Contoh brand yang membuat filter wajah adalah Disney. Siapa yang tidak mengetahui brand dengan banyak produk tersebut, mulai dari kartun Mickey Mouse hingga cerita Cinderella dan pangeran tampannya itu tentu memiliki penggemar yang tidak sedikit. Pengikut Instagram brand ini dapat menggunakan filter kuping Mickey Mouse dan kawan-kawannya dalam Story mereka.

Hal ini terkesan rahasia karena Instagram tidak memasukkan filter-filter ini pada fitur Story bawaannya. Namun bagi anda yang ingin menggunakan filter-filter unik dari brandbrand yang ada, maka dapat mengikuti akun Instagram brand tersebut. Hanya dengan mengikuti akun yang membuat kostumisasi filter seperti Disney, maka filter baru akan muncul pada Instagram anda.

Bukan hanya itu, bagi anda yang ingin menggunakan dan membuat filter wajah sendiri dapat membuatnya pada Spark AR Studio milik Facebook dengan mendaftar pada program closed beta Instagram dan kostumisasi filter yang dibuat harus mendapatkan persetujuan dari pihak Instagram. Bagaimana, anda ingin mencobanya? (rfd)

Share It On:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here