Space Pace, Berawal dari Materi Workshop yang Berakhir di Playstore

0
1135

Raion Community selalu berusaha menjaga eksistensinya, terbukti dengan dirilisnya game terbarunya, Space Pace. Dibuat pada bulan Desember 2015 sebagai materi workshop game development yang diadakan oleh Raion Community,  Maret 2016 game ini telah tersedia di Playstore. Meskipun jarak pembuatan dan rilisnya berkisar sekitar 3 bulan, namun game yang berlatar belakang luar angkasa ini hanya dibuat dalam waktu kurang dari 1 hari. “Dari jam 9 sampai jam 3, besoknya juga dari jam 9 sampai jam 3, jadi sekitar 12 jam lah,” ujar pembuat game Space Pace, Fathony Teguh Irawan.

“Sebenernya gamenya bukan tentang ngindar-ngindarin meteor, tapi gamenya itu pas workshop saya bikinnya ada air netes dari atas terus ditangkepin sama baknya, jadi ada bak di bawahnya. Terus ada ide dari temen buat ngubah, yang seharusnya dia nangkep air jadi ngindarin meteor,” tambah Fathony.

Space Pace harus menunggu selama 3 bulan untuk dirilis di Playstore karena membutuhkan banyak persiapan. “Yang bagian artist kan harus bikin grafik buat di Playstore, kayak masang ikon terus screenshot sama banner iklan, nah itu gak sempet bikin,” ujar mahasiswa yang akrab disapa Thony ini. Game berbasis mobile android yang awalnya bernama Droplet ini diakui oleh Thony sebagai game yang sederhana, sehingga dapat dimainkan oleh berbagai usia. Selain itu game Space Pace tidak membutuhkan memori yang besar sehingga tidak membebani Smartphone.

Hindari meteor
Fokus : menghindari hujan meteor

Cara bermainnya dengan menggerakkan smartphone ke kanan dan ke kiri sehingga pesawat mengikuti gerakan smartphone dengan tujuan agar terhindar dari meteor yang berjatuhan. Game ini bersifat endless atau tidak ada akhirnya. Permainan akan terus barlanjut, selama pesawat belum kejatuhan meteor. Akan ada satu titik dimana meteor yang berjatuhan semakin banyak dan cepat. Untuk pengguna yang baru mendownload game ini mungkin saat pertama kali mencobanya akan terasa susah menggerakkan pesawatnya, namun game yang telah didownlad sekitar 100 orang ini dilengkapi dengan pengaturan sensitifitas dan speed, sehingga dapat diatur kepekaan smartphone dalam menggerakkan pesawatnya.

Thony mengaku bahwa game ini adalah game sederhana karena hanya bermula dari materi workshop, lalu dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat rilis di Playstore. “Ya dirilis sama dimodifikasilah. Nambah-nambahin listing di Playstore, kan masih sepi punya Raion,” ungkap Thony. Kreatifitas Raion tidak berhenti di Space Pace, nantinya akan ada game-game berikutnya yang segera dirilis. Game-game tersebut masih berada pada tahap pembuatan. “Jadi kita ada projek besar, dari anggota Raion yang dibagi jadi beberapa kelompok, 1 kelompok isinya 5 sampai 7 orang. Diusahain dilombakan, dan pasti diupload di Playstore,“ jelas Thony. (ay)

Share It On:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here