Sampai saat ini masih banyak orang mulai dari anak-anak hingga dewasa masih kurang memperhatikan kualitas makanan mereka. Banyak yang belum tepat memilih makanan sehingga mengkonsumsi makanan yang kurang sehat dan bergizi. Melihat permasalahan ini, sebuah tim yang bernama Al Falah kemudian membuat sebuah game berjudul Budi’s Mission demi menyelesaikan problema tersebut. Game yang berhasil memenangkan juara pertama dalam ajang BASIK III ini dirancang untuk membantu user memilih jenis makanan yang sehat dan bergizi misalnya, seperti makanan yang mengandung karbohidrat, zat pengatur, dan zat pembangun sekaligus membantu mereka mengingat kandungan zat yang ada pada berbagai makanan tersebut.

Game Budi’s Mission merupakan game edukasi yang mengambil referensi dari silabus kelas 4 SD tentang makanan sehat dan bergizi. Di dalamnya terdapat empat sub game, terdiri dari tiga sub game yang fokus pada pengenalan makanan sehat serta satu sub game sisanya yang mengarah pada rangkuman dari tiga sub game sebelumnya.

20151207011527

Sedikit gambaran, pada game pertama user diminta menangkap makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, kentang dan roti yang turun dari pesawat. Apabila salah dalam pengambilan makanan maka akan muncul pemberitahuan tentang kesalahan itu. Pada game kedua, user diminta mengambil makanan yang memiliki kandungan zat pengatur seperti buah anggur, buah jeruk dan buah lemon serta jenis sayur-sayuran dengan cara melewati sungai ajaib. Selanjutnya di game ketiga user diperintah mengambil makanan yang memiliki zat pembangun seperti daging, susu, telur, ikan dan lainnya dari dalam sebuah kastil monster. Pada level ketiga tantangan akan menjadi lebih susah dibanding level-level sebelumnya. Sedangkan untuk game keempat ingatan user tentang game-game sebelumnya akan diasah dengan memberikan beberapa kuis dengan materi yang berupa ringkasan pertanyaan ketiga game sebelumnya. Game keempat ini juga bertujuan sebagai tambahan pengetahuan tentang makanan yang ada di dalam seluruh game tersebut. Ada juga petunjuk dalam bentuk video untuk membantu user dalam memainkan game ini.

Dalam pembuatannya, game yang dibangun selama kira-kira tiga minggu oleh mahasiswa kreatif Informatika FILKOM, Imron Hari Budi Setyo (Artist), Ranu Goldan Y.E (Ketua Tim), dan Auliaur Rasyid (Programmer), sempat mengalami beberapa kendala. Salah satunya adalah karena masalah tugas dan waktu, “kami susah dalam pembagian tugas dan waktu,” ungkap Budi.

Saat ditanya alasan pemilihan nama “Budi” sebagai nama game, mereka mengatakan karena hal itu lebih akrab di dengar masyarakat, “Untuk penamaan game Budi’s Mission ini diambil karena nama Budi adalah nama umum yang terkenal, bahkan nama ini sering muncul juga pada pelajaran Bahasa Indonesia di SD,’’ ungkap Rasyid.

“Sebenarnya game Budi’s Mission ini merupakan tugas akhir mata kuliah IMK (Interaksi Manusia dan Komputer,red) yang dikejar deadline,” tambahnya.

Bagi yang tertarik, game dekstop ini bisa anda lihat langsung melalui web Youtube dengan mengetikkan “Budi’s Mission”. Di sana terdapat video serta tampilan yang sederhana dari game Budi’s Mission ini. Ada juga petunjuk cara bermain serta gameplay dari misi-misi game ini dari awal hingga akhir.

“Semoga dengan adanya game ini dapat membuktikan bahwa tugas akhir dapat memenangkan sebuah lomba. Semoga minat lomba atau kompetisi di FILKOM semakin meningkat,” harap Rasyid di akhir wawancara oleh DISPLAY.

(fpl)

Share It On:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here