Oleh: fn

Ketika kamu merasa jatuh tersungkur tanpa bisa bangkit, siapa yang akan pertama kali kamu temui? Ketika kamu menangis di tengah kegagalanmu, siapa yang memberimu semangat untuk kembali berdiri? Ketika kamu merasa tidak ada yang bisa memahamimu, siapa yang akan berada di sana untuk menggenggam tanganmu?

Selalu ada mereka yang tidak dapat digantikan. Dari masa ketidakmampuanmu untuk membaca, segala tugas dan ujian yang membuatmu resah, hingga tetesan keringat yang dibayar oleh kesuksesan—mereka tetap tidak dapat digantikan. Mereka yang memberimu wajah; siapa dirimu sebenarnya. Mereka yang tetap mencintaimu saat badai menerjang, hingga pelangi tiba.

Dan jika nanti, ketika kamu pergi tanpa pamit, merekalah yang akan menguras air matanya sebagai tanda duka paling dalam. Tidak ada yang lebih menyayangimu selain mereka. Selalu ingat itu; meskipun kamu tengah merangkak untuk mengejar pelangi di langit, atau bahkan telah menduduki pelangi itu sendiri, mereka akan selalu berada di sampingmu. Tersenyum tipis sambil berkata dalam hati, “Kami selalu menyayangimu, Nak.”

Share It On:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here