Minggu (22/05) kemarin, gedung A dan E FILKOM ramai dipenuhi siswa siswi SMA maupun SMK yang mengikuti Try Out SBMPTN. Try out yang dihadiri oleh kurang lebih 250 peserta ini merupakan salah satu proker dari BEM FILKOM. “Try out ini dibuat untuk siswa siswi SMA yang mau mempersiapkan diri mereka untuk mengikuti SBMPTN yang akan dilaksanakan satu minggu lagi,” jelas Aldrian Dicky Prayoga (Sistem Informasi 2014), Ketua Pelaksana acara tersebut. Tujuannya selain membantu siswa siswi untuk mengetahui seperti apa soal-soal SBMPTN, namun juga mengenalkan seperti apa UB dan FILKOM kepada mereka. Peserta yang hadir berasal dari berbagai daerah, bahkan ada juga yang berasal dari luar Pulau Jawa.

Seluruh peserta dipersilahkan masuk ke ruangan pada pukul 7.00, dan mulai melakukan pengisian Lembar Jawaban Komputer (LJK) pada pukul 7.30, untuk pengerjaan soal dimulai pada pukul 7.50 secara serentak. Pengerjaan soal untuk Saintek (IPA) selesai pada pukul 9.45, sedangkan untuk Soshum (IPS) berakhir lebih awal, yakni pada pukul 9.05. Setelah selesai mengerjakan soal yang pertama, peserta diberi waktu 10 menit untuk istirahat dan kemudian lanjut mengerjakan soal TPA. Peserta yang mengambil IPC masih harus melanjutkan pengerjaan soal Soshum setelah Ishoma, sedangkan peserta yang lain diarahkan menuju gedung H untuk pemberian materi.

Sebelum penyampaian materi, terdapat sambutan dari Wakil Dekan III, Edi Santoso dan Presiden BEM, Ahmad Baihaqy. Materi pengenalan UB dan FILKOM disampaikan oleh Aditya Bayu Wardhana, Informatika 2013 sedangkan materi motivasi disampaikan oleh alumni Teknik Industri 2011, Deassy Rizky S. Selain penyampaian materi, acara yang berlangsung di gedung H siang itu juga turut memberikan penghargaan untuk peraih nilai terbaik dari tiga katergori. Untuk IPA, nilai terbaik diraih oleh Ilham Ramadhan; IPS, diraih oleh M. Febriansyah; IPC, diraih oleh Ahmad Naufal. Dilihat dari tujuannya, Try Out SBMPTN ini diharapkan dapat membantu siswa-siswi untuk mempersiapkan diri mereka mengahadapi SBMPTN yang sesungguhnya, seperti yang dirasakan oleh Ina Nastiti, siswi SMK 1 Kademangan “Ingin nambah wawasan aja, terus juga Try Out ini membantu memberi pandangan soal SBMPTN,” ungkapnya. (ch)

NO COMMENTS

Leave a Reply