Nama “Sobat FILKOM” kini sudah tak asing lagi di telinga mahasiswa FILKOM. Bermula dari pesan singkat yang dikirimkan ke beberapa mahasiswa tertentu, nama “Sobat FILKOM” kian populer.

Sobat FILKOM merupakan sebuah komunitas yang dicetuskan oleh Ir. Sutrisno, M.T. saat beliau menjadi ketua PTIIK dengan tujuan awal membuat program pendamping mahasiswa baru. Wiwin Lukitohadi selaku koordinator sobat FILKOM mengungkapkan bahwa sobat FILKOM juga diberi pelatihan softskill sebagai bekal mereka di masa yang akan datang. “Ini kita kupas lebih luas lagi, kita aplikasikan secara lebih luas lagi supaya mereka kita bekali beberapa softskill seperti komunikasi, public speaking, leadership, yang nantinya menjadi bekal mereka untuk mencari kerja lebih lancar,” ungkap Wiwin.

Dengan bekal softskill yang mumpuni, Wiwin berharap sobat FILKOM semakin giat belajar. Harapannya, sobat FILKOM lebih lancar dalam mencari pekerjaan karena memiliki daya jual yang lebih tinggi dibanding dengan lulusan FILKOM yang lain. “Dimana keuntungannya berupa pembekalan softskill yang belum tentu didapat di bangku perkuliahan, serta menyesuaikan dengan kekinian yang ada. Didatangkannya beberapa pakar di bidangnya juga agar membangkitkan semangat mereka dalam belajar lebih giat lagi,” jelas Wiwin.

Komunitas sobat FILKOM kini berisi mahasiswa 2014 dan 2015 dengan dasar pertimbangan mahasiswa tersebut memiliki IPK > 3,00 dan berlangsung secara tertutup. Apabila memenuhi syarat, maka semua mahasiswa dikirimkan pesan singkat. “Pertama kan kita sms semuanya, yang menunjukan ketertarikan berarti dia ingin membantu sesama, nah kita lanjut,” terang Wiwin.

Pengunaan kata “sobat” berhasil dipilih karena dirasa lebih akrab daripada adik atau kakak sehingga mahasiswa baru dapat menjadikan sobat FILKOM menjadi tempat yang nyaman untuk berbagi cerita.

Visi dari sobat FILKOM sendiri adalah membantu mahasiswa menuju ke arah yang lebih baik. Maka dari itu, sobat FILKOM dapat diartikan sebagai perpanjangan dari “konselor sebaya” yang memegang peran penting dalam menularkan sifat-sifat baik kepada mahasiswa atau teman-teman yang lain, dengan cara curhat dan mampu terbuka dalam menceritakan permasalahan yang dihadapi mahasiswa saat ini serta menangani permasalahan yang ada dengan cepat sehingga tidak menimbulkan masalah menjadi berlarut-larut tanpa adanya solusi.

Salah satu cara membantu mahasiswa untuk saat ini yaitu dengan berkontribusi dalam mendampingi mahasiswa baru pada PK2MABA FILKOM 2016 sebagai sobat mahasiswa baru selama 1 semester ke depan. Harapannya, sobat FILKOM dapat menjadi salah satu panutan mereka. (ip, nli)

Share It On:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here