Video blogging atau yang biasa disingkat dengan vlog sedang marak di media sosial saat ini. Seakan tak mau kehilangan momen tersebut, PK2MABA FILKOM 2016 juga memasukkan vlog kedalam tugas Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Komputer tahun ini. Ketua divisi acara PK2MABA FILKOM 2016, Tahtri Nadia Utami atau yang biasa disapa Tami (Teknik Informatika, 2014) , mengungkapkan alasan pemberian tugas vlog bertujuan agar para maba bisa menjelajah FILKOM dan mengetahui tempat apa saja yang ada di FILKOM beserta latar belakangnya. Tami juga menambahkan alasan memilih konsep vlog agar para maba lebih antusias dalam mengerjakannya.

Beberapa maba memang belum pernah membuat vlog sebelumnya, namun mereka antusias dalam pengerjaan tugas vlog ini. “Agak merepotkan sih, tapi seru juga,” ungkap Meidita Masruria maba Teknik Informatika. Pembuatan vlog ini dikerjakan oleh masing-masing kelompok PK2MABA dalam kurun waktu 1 minggu sejak awal rangkaian acara PK2MABA FILKOM 2016. Pembuatan vlog ini tentunya juga bertepatan dengan jadwal masuk kuliah para mahasiswa FILKOM. Hal itu membuat para maba memiliki sejumlah kendala dalam menyelesaikan tugas vlog mereka, diantaranya jadwal kuliah masing-masing anggota kelompok yang berbeda.

Tidak hanya itu, kendala juga terjadi karena rasa malu yang sering datang ketika akan merekam sebuah vlog dan kamera yang harus diatur dengan posisi yang pas, hal ini juga membutuhkan waktu. Alhasil, perekaman vlog ini harus diulang berkali-kali untuk hasil yang maksimal. “Ada beberapa teman yang pemalu. Jadi agak susah diajakin take, dan beberapa kali mengulang. Terus ada beberapa gedung yang ditutup juga pas libur. Ngatur kamera nya juga sedikit susah,” ungkap Dary Ardiansyah Haryono.

Vlog mendapatkan sambutan baik dari beberapa mahasiswa lama yang sempat melihat proses perekaman. Yoga Sadewa, mahasiswa Teknik Informatika 2015 menyatakan bahwa tugas vlog ini cukup bermanfaat bagi maba, selain bisa saling mengenal teman satu jurusan, beda jurusan dalam lingkup FILKOM, menambah kreatifitas, juga melatih kepercayaan diri. (cis)

Share It On:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here