Tim Atom Robotiik berhasil meraih juara ketiga pada Kontes Robot Indonesia Regional IV yang berlangsung pada 30 April – 2 Mei di STIKOM Surabaya. Tim yang terdiri dari empat orang beranggotakan M. Azka Azzahidin, Dicky Sudaryatmo, Aulia Arif Darmawan dan Bagus Prawira Aji W menjadi juara ketiga KRSBI (Kategori Robot Sepak Bola Indonesia) pada kontes yang diikuti sekitar 20 Universitas ini. Untuk menjadi juara, robot harus berlomba-lomba meraih poin tertinggi memasukkan bola ke gawang. Robot dituntut harus bisa mencari bola, mencari gawang dan menendang bola ke gawang. Tim Atom sendiri menurunkan 3 robot yang terdiri dari 2 robot penyerang dan 1 robot kiper. “Untuk KRSBI selama dua tahun kemarin juga ikut mewakili regional, kemarin belum juara baru sekarang dapat juara,” ujar M. Azka Azzahidin salah satu anggota tim Atom.

Robotiik tidak sendiri sebagai perwakilan Universitas Brawijaya dalam ajang KRI Regional IV ini, setelah melalui proses seleksi internal Robotiik berhak menurunkan 2 tim dan Teknik Elektro berhak menurunkan 3 tim. Robotiik menurunkan tim dalam kategori KRPAI (Kontes Robot Pemadam Api Indonesia) bernama Semut Subuh dan KRSBI (Kontes Robot Sepak Bola Indonesia) bernama Atom yang sukses meraih juara ketiga. Meski menurunkan 2 tim berbeda kategori, Robotiik mengaku saling membantu jika terjadi masalah pada robot. Salah satu anggota tim Atom mengaku masih kurang maksimal dalam hal komponen robot. “Untuk komponen robot sendiri dirasa masih kurang, diibaratkan komponen robot ada bagian otak seperti PC-nya. Ada

Robotiik pada KRI Regional IV
Robotiik pada KRI Regional IV

motor penggerak kerangka bodynya, kalau komponen otaknya di sini kita sudah punya yang paling bagus sayangnya tidak sinkron dengan motor penggeraknya jadi tidak seimbang sehingga kurang maksimal,” ujar M.Azka Azzahidin. Meski begitu, mereka mengaku cukup puas dengan hasil yang diraih pada KRI Regional IV ini. “Cukup senang meskipun keadaan robotnya menghawatirkan,” ungkap HafizHuddin Zul Fahmi mekanik dari tim Semut Subuh yang turun tangan membantu ketika ada masalah pada robot tim Atom.

Menjadi juara ketiga di KRI Regional IV memberikan peluang bagi Robotiik khususnya tim Atom untuk mewakili Regional IV dalam perlombaan nasional 11 Juni nanti di UNMU Jogja. “Kedepannya kan yang sepak bola ini dapet juara ketiga. Nah kemungkinan lolos nasional atau tidak masih nunggu pengumuman regional yang lain se-Indonesia pada akhir Mei nanti, kalau memang yang sepak bola ini layak untuk lolos nasional kemungkinan teman-teman yang lolos sepak bola ini nanti mewakili Regional IV ke nasional pada tanggal 11 Juni untuk lombanya di UNMU Jogja,” terang Faisal Amir salah satu anggota Robotiik. “Untuk divisi-divisi lain yang belum mendapat juara saat ini masih mempersiapkan untuk battle internal lagi biar bisa mewakili Brawijaya bulan desember nanti,” imbuh Faisal.

(fpl, nam)

Sumber foto: Robotiik

Share It On:

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here