DISPLAY – Pelaksanaan Semester Antara atau Semester Pendek pada tahun ini akan dilaksanakan pada tanggal 25 Juni – 20 Juli 2018, dimulai dengan proses pendataan yang akan dilaksanakan pada tanggal 21 – 25 Mei 2018. “Mungkin kalau bisa, sistemnya siap taruh di awal. Mungkin 2 atau 3 hari sebelum tanggal 21 itu jadi pertengahan bulan lah sudah bisa dibuka mulai pendataan. Kalau bisa lambat-lambatnya itu tanggal 21 sampai dengan tanggal 25. Jadi pendataan sekaligus konsul ke dosen PAnya,” ujar Ir. Heru Nurwarsito, M.Kom selaku Wakil Dekan I Bidang Akademik FILKOM. Semester Antara tahun ini pun akan mengalami beberapa pembaruan, seperti pendataan dan pendaftaran yang akan dilakukan melalui FilkomApps.

Denny Sagita Rusdianto, S.Kom, M.Kom selaku Kasubag PSIK FILKOM, menungkapkan jika FilkomApps sendiri sudah siap untuk digunakan mahasiswa, hanya tinggal mempersiapkan fungsi untuk memvalidasi dan verifikasi dokumen yang akan dikirimkan ke mahasiswa. “Sistemnya sudah siap, kalau dibilang 100% itu belum. Kalau 80% itu iya, kalau dari sisi mahasiswa sudah siap semua. Sekarang itu sedang mempersiapkan fungsi untuk memvalidasi dan memverifikasi dokumen yang dikirimkan ke mahasiswa. Jadi kita di PSIK ditarget minggu depan selesai. Tanggal 21 Anda sudah mulai mengisi baik itu Pra KRS atau Semester Antara,” ungkapnya.

Alasan perubahan mekanisme tersebut salah satunya dikarenakan oleh banyaknya komplain dari mahasiswa. Dimana pada sistem sebelumnya, pendataan dilakukan dengan cara memasukkan NIM di sistem lalu mengisi mata kuliah yang diinginkan. Banyak terjadi kecurangan dimana untuk memenuhi kuota agar dibukanya suatu kelas untuk mata kuliah tertentu, mahasiswa akan mengisi dengan NIM yang bukan milik mereka. “Jadi kan kalau misalkan saya punya NIM anda, tinggal cuma dimasukin lalu saya bisa meng-entry apapun. Kalau sekarang mekanismenya kan login Filkom Apps, itu syarat utamanya. Kalau nggak punya harus bikin dulu,” terang Denny. Proses pendataan Semester Antara yang baru akan mirip dengan proses KRS Semester Reguler. Setelah melakukan pendataan, mahasiswa akan mencetak KRS Semester Antara tersebut untuk melakukan konsultasi dengan dosen Pembimbing Akademik (PA). Mahasiswa tidak boleh untuk tidak mengambil mata kuliah yang sudah didaftarkan pada saat proses pendataan tanpa alasan yang jelas dan persetujuan dari dosen PA. “Perlu diketahui juga, ketika pendataan itu nanti mahasiswa kayak nyetak KRS dan mahasiswanya nanti akan bertemu dengan dosen PAnya. Nah nanti dilihat kesesuaian antara waktu pendataan sama waktu pendaftaran itu sama nggak mata kuliah yang diambil,” jelas Denny. Jika mahasiswa nekat untuk tidak mengambil mata kuliah yang telah didaftarkan pada proses pendataan, mahasiswa tersebut akan terkena denda berupa buku untuk ruang baca sejumlah mata kuliah yang dibatalkan tersebut. “Maksudnya sebelumnya sudah data ini, kemudian gak diambil karena alasannya bukan karena ditutup misalkan. Nah nanti kan bisa di-compare dari situ,” tambahnya.

Setelah melakukan pendataan dan pendaftaran, mahasiswa akan melakukan pembayaran yang nantinya status pada sistem berubah menjadi aktif, dan ketika mendaftar nanti mahasiswa harus menyerahkan bukti dukungan berupa surat puas praktikum (untuk mata kuliah berpraktikum) dan bukti pembayaran pada akademik untuk diverifikasi. Bukti dukung tersebut termasuk nantinya akan di-scan dan diunggah ke dalam FilkomApps. Pembaruan ini juga untuk mengantisipasi masalah pengembalian uang, ketika proses pendataan kelas bisa dibuka, pada proses pendaftaran ternyata kelas tidak memenuhi kuota sehingga harus ditutup dan mengakibatkan pengembalian uang para mahasiswa yang sudah terlanjur mendaftar. “Nah itu prosesnya kan lama, karena uang tidak langsung turun. Sekarang diantisipasi, kelasnya sudah muncul itu pasti ke buka, mahasiswa daftar. Kan dilihat kelasnya itu sudah banyak peminatnya kan gak mungkin cuma 5 atau 3, itu antisipasinya,” ungkap Denny. Dengan adanya pembaruan ini diharapkan tidak ada lagi masalah pengembalian dana yang sudah dibayarkan oleh mahasiswa. ”Jadi tidak ada pengembalian dana, jadi kalau sudah daftar ya jadi untuk diambil. Karena ketika daftar ini kan udah tau kelas dan jadwalnya,” tutupnya. (dc,zyn)

Share It On:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here