Demi meningkatkan softskills mahasiswa PTIIK pada umumnya dan lembaga – lembaga semiotonom khususnya, pada tanggal 20 Juni kemarin BEM TIIK mengadakan LKMM (Latihan Kepemimpinan Managemen Mahasiswa) dimana pesertanya berasal dari delegasi – delegasi berbagai LSO yang ada di PTIIK dan peserta non-lembaga yang ikut secara independen. Menurut Reza Muhammad Rizky(Informatika 2014), selaku ketua pelaksana LKMM 2015, acara ini bertujuan untuk menjadikan semua lembaga yang ada di PTIIK ini sama – sama maju dan kompak. “Jadi kita gak mau hanya 1 lembaga saja yang kuat. Kita pengennya keseluruhan lembaga yang ada di PTIIK ini sama – sama kuatnya,” ungkapnya.

Acara yang diisi oleh pemateri Wawan Saktiawan (Personality Plus), Reza Adi Pratama (Kepemimpinan), Rizky Emirdhanu Utama (Organizational and Time Management), Eko Andi Suryo, PhD (Public Speaking) dan Bagus Tri Adikarya (Managemen Isu dan Advokasi) iniIMG_20150622_053031 sebenarnya merupakan parent project dari LKMM untuk tahun selanjutnya yang masih merupakan gabungan dari dari 2 jenis LKMM, yaitu LKMM Dasar dam Menengah. LKMM dasar adalah LKMM dengan materi – materi mengenai diri sendiri, seperti materi public speaking dan kepemimpinan. Sedangkan materi LKMM menengah lebih ke bagaimana kita berhubungan dengan organisasi dan lingkungan sekitar kita, seperti materi manajemen organisasi dan manajemen advokasi dan isu.

Kendala yang dialami oleh pihak panitia sendiri sebagaimana yang diungkapkan Reza adalah masalah waktu pelaksanaan yang bertepatan dengan masa – masa ujian. Bahkan acara yang seharusnya berlangsung pada tanggal 5 Juni ini harus diundur hingga tanggal 20 Juni karena banyak pesertanya yang akan melangsungkan ujian akhir praktikum (UAP).

Harapan Reza untuk LKMM ini adalah, untuk lebih dispesifikkan pelaksanaan antara LKMM dasar, menengah, dan pra-dasar. Reza berharap juga LKMM ini bisa dimasukkan ke dalam sistem probin. Tepatnya untuk LKMM pra-dasar. “Pengembangan diri itu tidak hanya berhenti di Probin, jadi kalau kita ingin mengembangkan diri lebih advance kita bisa ikut LKMM ini. Dan InsyaAllah LKMM pra-dasar ini mau dicanangkan untuk dimasukkan ke dalam sistem probin, tapi masih belum pasti,” pungkasnya.

(dbp, ch)

Sumber foto: BEMTIIK

Share It On:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here