Jadwal praktikum mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer yang baru saja dirilis pada Jumat (9/9) menuai berbagai reaksi dari mahasiswa FILKOM. Hal ini dikarenakan banyaknya jadwal praktikum yang bentrok dengan jadwal kuliah mahasiswa. Menanggapi hal ini, Reno Putra Prawira selaku koordinator asisten Laboratorium Komputer Dasar mengklarifikasi bahwa jadwal praktikum yang baru saja dirilis merupakan jadwal default dan masih bisa berubah sesuai koordinasi dari asisten dengan mahasiswa.

“Ini adalah jadwal default, jadi masih bisa dirubah lagi. Perubahan kelas dapat dikoordinasikan melalui koordinator kelas,” jelas Reno.

Sama halnya dengan Reno,  Heru Nurwarsito selaku wakil dekan I bidang akademik menuturkan bahwa perubahan jadwal praktikum dapat dilakukan dengan berkoordinasi antara koordinator kelas dengan asisten lab, sehingga tim teaching dosen yang bersangkutan dapat menyusun kembali atau mengalihkan ke kelas yang tidak berbenturan dengan jadwal mata kuliah.

Proses penjadwalan praktikum diakui Heru memang sedikit terlambat. Hal ini dikarenakan perubahan kurikulum, sehingga pengaturan jadwal baru lebih dulu diintensifkan pada jadwal mata kuliah, dan terbatasnya ruang kelas di FILKOM. Hal ini berdampak pada jadwal praktikum yang saat ini menyebabkan banyak mahasiswa terpaksa mendapatkan jadwal praktikum hari Sabtu sesuai default kelasnya. Praktikum dilaksanakan mulai hari Selasa (13/9) namun belum intensif, yakni masih berupa perkenalan dan sosialisasi tentang aturan-aturan yang ada di laboratorium terutama pada mahasiswa baru. Selain itu juga dikarenakan proses seleksi asisten praktikum belum selesai.

“Asisten belum ditentukan, masih diseleksi,” ujar Reno. Mengenai modul untuk kurikulum baru, Reno menegaskan tidak ada perbedaan dengan kurikulum sebelumnya. “Kurikulum baru, modul masih tetap sama dan materi juga kurang lebih sama. Perbedaannya cuma di Pemdas (Pemrograman dasar, red) Teknik komputer menggunakan bahasa C++ dan pada soal-soal latihannya,” tambah Reno.

Heru Nurwasito menambahkan terkait modul praktikum saat ini memang sedang dalam proses penyusunan tim teaching dosen, namun materi yang digunakan adalah materi yang sudah ada pada kurikulum sebelumnya.

Praktikum pada jam malam juga masih tetap diterapkan, namun tidak boleh melebihi jam malam yang telah ditentukan oleh pihak universitas yaitu pukul 20.30 WIB. (Nda, Faz)

Share It On:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here