Dalam Olimpiade Brawijaya (OB) tahun 2017 FILKOM hanya berhasil mengumpulkan 1 emas, 4 perak, dan 10 perunggu, menempatkan FILKOM di peringkat 12 secara keseluruhan. Hasil ini semakin menunjukkan tren penurunan prestasi FILKOM dalam OB dari peringkat 5 pada tahun 2015 dan peringkat 9 di tahun 2016. Selaku ketua kontingen FILKOM 2017, Juan Ozora Cafonda mengatakan bahwa hasil akhir ini tidak mencapai target yang diberikan yaitu peringkat 8.

Sebelumnya Juan sempat mengatakan bahwa kontingen FILKOM kekurangan sumber daya sehingga menyebabkan penurunan peringkat ini. “Ada beberapa cabang lomba yang emang kita gak ikut, karena resource-nya kurang. Seperti di cabang tenis lapangan kita tidak ikut semua nomor (kategori, red),” paparnya. Selain sumber daya ada beberapa hal lainnya yang juga menyebabkan penurunan peringkat, “Aku gak nyalahin tapi menurutku yang pertama emang atlitnya kurang, kurang latihan, kurang persiapan dan kurang kesadaran mereka sendiri (mahasiswa FILKOM, red) untuk ikut OB,” ungkap Juan. “Officialnya (panitia, red) juga kurang tanggap,” imbuhnya.

Kurangnya bibit atlit yang berpotensi juga dirasa menjadi penyebab penurunan prestasi seperti yang diungkapkan salah satu atlit catur FILKOM OB 2017, Muhammad Johan Hasan Alfarisi dari Informatika 2016. “Mungkin di fakultas lain punya bibit yang lebih baik dengan atlit yang ada di FILKOM. Mungkin kalau ingin menyaingi atlit di fakultas lain, kita harus benar-benar giat latihan. Jadi meningkatkan cara latihan atau cara melatihnya untuk menjadi atlit yang bisa bersaing di semua turnamen,” ungkap Hasan.

Terlepas dari semua hal yang menyebabkan FILKOM mengalami penurunan peringkat, Juan berharap agar di tahun depan kontingen bisa lebih baik dan lebih bisa mendorong atlit untuk siap dalam OB. “Untuk angkatan 17 di tahun depan yang mewakili OB, jangan terlalu memikirkan akademik karena prestasi gak hanya harus di akademik. Bagi kalian yang emang berminat dan emang berbakat di bidang non-akademik tunjukin disitu dan tunjukin di OB untuk mengharumkan nama FILKOM. Jangan takut dan tetap semangat,” pesan Juan untuk angkatan 2017 FILKOM.

Sumber gambar: Official Account LINE Kontingen FILKOM

Share It On:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here