Kenalkan Robot dengan ROBONATION

0
493

ROBONATION melanjutkan perjalanannya ke SMA Negeri 4 Malang pada 19 Maret 2016 kemarin. Sebelumnya, proker Sosma Himasiskom ini telah mampir ke SMA Negeri 8 Malang sebagai awal perjalanannya. Mengusung tema Exploring Robotic Technology, acara ini mendapat respon positif dari pihak sekolah. “Saat ini sudah globalisasi, kalian harus mempersiapkan diri dari sekarang. Nanti akan ada ilmu yang bermanfaat,” ungkap Alfan Akbar, Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Malang saat pembukaan acara.

Sebanyak 21 siswa meramaikan acara yang dimulai pada pukul 13.00 WIB ini. Jumlahnya menurun dari sekolah sebelumnya yakni 49 siswa. Penurunan ini disebabkan adanya pekan ujian, sehingga pihak sekolah tidak memberikan dispensasi kepada siswanya. Tak hanya itu, siswa kelas XII juga ada kelas tambahan mengingat hampir dekatnya Ujian Nasional (UN).

Acara yang bekerjasama dengan laboratorium Siskombot ini, terbagi menjadi dua sesi yakni acara teknis dan non teknis. “Seminar masuk ke acara non teknis kayak semacam pemberian materi teori robot. Yang kedua ada teknis, jadi pesertanya langsung berkecimpung di pembuatan robot,” terang Mochammad Taufik, Kapel ROBONATION

P_20160319_140646
Kerja tim : siswa-siswi SMAN 4 Malang sedang merakit partial robot LEGO EV3

Pada acara teknis yakni sesi merakit dan ngoding robot LEGO EV3, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok nantinya dibimbing oleh kakak pendamping yang dipilih dari asisten laboratorium Siskombot dan Robotika.

Bergerak di arena : robot EV3 berjalan mendeteksi adanya cahaya
Meluncur di arena : robot LEGO EV3 berjalan mendeteksi gelap terang (gelap diwakilkan dengan selotip hitam)

Tak hanya merakit dan ngoding saja, antusiasme peserta semakin terlihat ketika diberi tantangan, yakni membuat robot LEGO EV3 bergerak lurus ketika mendekati selotip hitam dan melakukan rotasi jika tidak mendeteksi selotip hitam di arena yang disediakan.

Berbagai tanggapan positif siswa juga mewarnain acara ini. “Seru karena saya sendiri belom pernah ngerakit ginian (robot, red),” terang Aldi Arrafi, siswa kelas XI. Tak hanya tanggapan, masukan dari siswa juga mewarnai acara tersebut. “Acaranya lebih dipadatkan materinya dan hiburannya ditambah lagi,” saran Mohammad Hafidh Fadli, siswa XI. (ras)

Share It On:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here