DISPLAY – Kanal24.co.id atau Kanal24 adalah sebuah unit usaha baru yang berbentuk portal berita. Unit ini berada di bawah naungan Badan Usaha Akademik (BUA) Universitas Brawijaya yang dipersiapkan untuk menghadirkan informasi dan pengetahuan dalam 24 jam. Sejak 2 April 2019 lalu, portal berita ini secara resmi dibuka oleh Rektor UB, Nuhfil Hanani di UB Coffee.

Kanal24 diprakarsai oleh Tri Wahyu Nugroho selaku pimpinan BUA yang membuat sebuah diskusi awal dalam perencanaan pembangunan perusahaan akademik di bidang Sosial Humaniora. Dalam diskusi tersebut mengundang beberapa dosen Sosial Humaniora serta para penggiat BUA. Antoni selaku Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) turut diundang untuk memaparkan tentang bidang keilmuan dan moril dalam mewujudkan Kanal24. Selain itu, dalam pembangunan portal ini juga melibatkan salah satu mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) untuk menyiapkan desain dan pembuatan portal Kanal24.

Wahyu menyebutkan bahwa pihaknya juga sudah melakukan pelatihan bagi sukarelawan yang mau menjadi reporter. “Kita sudah melakukan pelatihan untuk volunteer, sudah pelatihan reporter. Kita optimalkan volunteer-nya dari mahasiswa, kita lihat tiga bulan kalau kerja mereka bagus untuk jadi reporter, kita akan rekrut,” jelasnya.

Menelisik lebih dalam lagi, portal berita ini diprediksi sebagai langkah untuk menyongsong PTN-BH seperti yang telah dipaparkan oleh Wahyu. “Ini nanti ke depan kemungkinan prediksi kami ya, kita kan juga menyongsong PTN-BH, maka kita kalau PTN-BH, kita boleh buat PT. Nanti akan kita buat PT media ini,” paparnya.

Selain itu Wahyu menambahkan mengenai kapan rencana akan diresmikannya UB menjadi PTN-BH. “Ada kemungkinan. Ini kemungkinan ya, kita resmi jadi PTN-BH akhir tahun ini atau enggak ya tahun depan. Kita juga belum tahu situasi politik nanti akan seperti apa, karena yang memutuskan adalah menteri,” tutupnya. (fl, dl)

Share It On:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here