Ada pemandangan yang berbeda di Lapangan Merah FILKOM pada hari Sabtu (6/6/15). Beberapa mahasiswa terlihat berkumpul walaupun telah memasuki hari pertama minggu tenang. Ya, hari itu merupakan puncak dari acara perayaan ulang tahun HIMASISKOM ke-1 yang telah dirayakan pada 22 Maret 2015 lalu dengan menggelar tumpengan di kelas serta mengundang dosen. Untuk merayakan ulang tahun HIMASISKOM, sebelumnya telah digelar serangkaian lomba diantaranya lomba CS (Counter Strike), lomba Badminton, lomba futsal, dan lomba DOTA.

Ketua Pelaksana HIMASISKOM 90’s Festival, Rahmat Eko Prasetyo, atau yang lebih akrab disapa Gopras menuturkan tujuan diadakannya acara ini adalah untuk menambah semangat para mahasiswa jurusan Sistem Komputer setelah dipastikan tidak ada. Serta untuk membuktikan bahwa para mahasiswa jurusan Sistem Komputer itu masih ada.

“Tujuannya untuk acara ini kan jurusan siskom sudah dipastikan tidak ada. Nah, ini untuk menambahnya semangat anak-anak SISKOM bahwa kita masih SISKOM dan kita masih ada,” ujar Gopras.

HIMASISKOM 90’s Festival ini mengangkat tema 90-an yang sesuai dengan nama acaranya. Alasan pengambilan tema tersebut menurut Gopras adalah untuk mengingatkan kita kembali pada masa kecil kita yang kebanyakan dihabiskan dengan bermain-main dan bersenang-senang.

“Karena kita inginnya mengingat masa kecil. Kita kan kuliah ini udah jauh dari orang tua, pikirannya tugas, tugas, dan uang. Jadi kita back to 90’s kembali ke masa kecil lagi, kita flashback, kita istilahnya seneng-seneng disini. Masa kecil adalah masanya kita senang-senang. Kita malam ini flashback dan kita senang-senang,” ungkapnya.

Puncak acara perayaan HUT HIMASISKOM ini dimulai dengan acara Traditional Fun Games yang dimulai pada pukul 08.00. Traditional Fun Games sendiri berisi banyak permainan tradisional yang kini jarang ditemukan seperti permainan lompat tali, gobak sodor, kelereng, dan masih banyak lagi. Diputarnya beberapa lagu tahun 90-an di sepanjang acara menambah suasana 90’s yang ada.

Tama, salah satu panitia dari divisi acara juga menambahkan bahwa diangkatnya tema 90-an karena pada jaman sekarang, kita jarang melihat permainan semacam ini. “Mengangkat tema 90’s, karena pengen ngembaliin masa-masa tahun 90-an, masa kecil waktu SD yang ngerasain main gobak sodor, lari-larian. Disaat kita kuliah itu kita nggak ketemu kaya gitu, bahkan kita ngeliat anak-anak jaman sekarang itu jarang jarang maen kaya gitu. Jadi kita pengen flashback aja buat nginget masa-masa kecil kita. Dalam perayaan ulang tahun HIMASISKOM yang pertama ini kita pengen mengingatkan lagi masa kecil kita kaya gini lho. Seru masa kecil kita,” jelas Tama.

Rangkaian acara dari HIMASISKOM 90’s Festival selanjutnya adalah malam pentas seni yang diramaikan oleh band-band mahasiswa jurusan Sistem Komputer. Dengan HTM Rp. 2.000, para mahasiswa bisa menghadiri acara ini dan akan mendapatkan gelang fosfor yang jumlahnya terbatas. SISKOM Band Performance ini awalnya akan dimulai pada jam 19.00, tetapi dikarenakan faktor cuaca yang kurang mendukung, acara ini sempat sedikit molor. Walaupun hujan deras sempat turun sebelumnya, tapi hal itu tidak menghilangkan semangat mahasiswa jurusan Sistem Komputer untuk hadir dan meramaikan acara ini. Acara SISKOM Band Performance ini tidak hanya melulu hanya penampilan band-band, tetapi ada juga penampilan stand up comedy dan nantinya akan ada pemutaran video. Video yang diputar meliputi video para pengurus EMSK,  HIMASISKOM tahun lalu serta perjalanan para panitia HIMASISKOM 90’s Festival menuju malam puncak perayaan satu tahunnya HIMASISKOM yang akan diputar pada akhir acara.

Walaupun acara ini berjalan lancar serta banyak mahasiswa Sistem Komputer yang berdatangan, Gopras dan Tama menuturkan bahwa kendala dari acara ini adalah waktu diadakannya yang bertepatan dengan minggu tenang. Kebanyakan dari para mahasiswa telah merencanakan untuk liburan atau pun pulang ke kota asal mereka di minggu tenang ini.

Arif Kurniawan, salah seorang mahasiswa Sistem Komputer angkatan 2013 mengaku mengikuti acara ini dari pagi hari dan dari acara yang telah ia ikuti, ia melihat antusias dari mahasiswa Sistem Komputer untuk mengikuti acara ini. Menurutnya acara seperti ini sangat bagus diadakan karena dapat menjalin silaturahmi walaupun berbeda angkatan dan membuat para mahasiswa tidak hanya fokus pada aktivitas mereka masing-masing. Arif juga menambahkan lebih baik lagi jika untuk publikasi acara ini dilakukan person-to-person atau langsung mempublikasikan kelas ke kelas karena publikasi masih mengandalkan poster dan publikasi di grup-grup social media yang menurutnya masih kurang. “Daripada entar ini kan udah minggu tenang, daripada entar mereka pulang, lebih baik kan menghadiri dulu, have fun dulu, disini kan terkenang memori yang indah,“ ungkap Arif.

Banyak mahasiswa Sistem Komputer berharap semua angkatan dapat berpartisipasi dalam acara ini.

“Harapanku acaranya makin keren lagi. Yang aku harapkan adalah semua anak siskom bisa ikut serta, jadi nggak cuma beberapa. Karena kita kan siskom satu dulur, baiknya semua harus ikut serta,“ ujar Yuni yang salut terhadap acara ini.

(NM)

Share It On:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here