DISPLAY – Grand Launching yang akan dilaksanakan pada tanggal 4 Februari 2019 merupakan program kerja baru sekaligus pertama yang dilakukan pada kepengurusan BEM Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya periode 2019/2020. Dengan merangkul LO (Lembaga Otonom), LSO (Lembaga Semi Otonom), dan beberapa komunitas di FILKOM UB, Grand Launching menjadi ajang mengenalkan kembali berbagai kelembagaan tingkat fakultas.

Dari tahun ke tahun, pengenalan kelembagaan tingkat fakultas dilakukan pada kegiatan Open House dalam rangkaian PK2MABA & StartUp Academy FILKOM UB. Muhammad Syaukani Audady selaku Presiden BEM FILKOM mengatakan bahwa secara garis besar Grand Launching sama dengan Open House, namun lingkupnya adalah seluruh mahasiswa FILKOM UB.  “Jadi, Grand Launching itu gambaran gampangnya sama kaya Open House FILKOM. Tapi kalau Open House FILKOM untuk mahasiswa baru, Grand Launching untuk mahasiswa keseluruhan yang emang mau daftar di lembaga-lembaga dan komunitas yang ada di FILKOM,” jelas Syaukani.

Sementara itu, salah satu hal yang melatarbelakangi pelaksanaan Grand Launching adalah keikutsertaan mahasiswa di kelembagaan FILKOM yang hanya didasari dengan alasan mengikuti teman, tanpa pemahaman mendalam terhadap kegiatan yang dilakukan sebuah lembaga dalam jangka 1 periode kepengurusan. “Alasan yang poin pertama itu sebagai sarana sosialiasasi dan pencerdasan ke mahasiswa FILKOM yang emang mau join di lembaga dan komunitas di FILKOM. Karena dari sebelum-sebelumnya itu banyak sekali mahasiswa yang ikut lembaga atau komunitas yang hanya ikut-ikut temennya saja, tidak memahami apa yang dilakukan lembaga selama 1 periode kedepan,” ujar Syaukani.

Grand Launching yang mengusung tema “Semangat Baru” ini juga menjadi ajang silaturahmi antar lembaga di FILKOM UB. Melalui kegiatan tersebut, Presiden & Wakil Presiden BEM FILKOM juga bermaksud untuk melaksanakan salah satu program unggulan milik mereka yaitu Guyub Rukun. “Grand Launching merupakan rangkaian program unggulan yang kami janjikan yakni Guyub Rukun, salah satu rangkaiannya itu Grand Launching,”ujar Syaukani.

Untuk lokasi Grand Launching sendiri berada di Gazebo FILKOM UB dengan menjadikan panggung gazebo sebagai pusatnya. “Kalau mekanismenya, besok itu ada stand-stand di depan panggung, di belakang panggung, sama di samping panggung Gazebo,” ujar Syaukani. Pricielya Alviyonita  selaku Menteri Perhubungan BEM FILKOM periode 2019/2020 menambahkan, lokasi tersebut dipilih karena Grand Launching dilaksanakan pada jam istirahat yaitu dimulai pada pukul 11.00 WIB. Selain itu lokasi tersebut merupakan lokasi yang terdekat dengan Gedung D dimana sekretariat kelembagaan terdapat di dalamnya. “Karena targetnya mahasiswa pas jam istirahat. Mulai jam 11, sampai setengah 2. Dan juga karena konsepnya ada open sekret kan,” ujar Priciel.

Konsep setiap stand-nya sendiri diserahkan kepada tiap lembaga dan komunitas dengan maksimal 3 perwakilan orang di tiap stand-nya. Nantinya, setiap ketua lembaga dan komunitas akan diberi kesempatan untuk mempresentasikan mengenai lembaga dan komunitas itu sendiri selama 7 menit dan dilanjutkan dengan dibukanya sesi tanya jawab. Peserta juga bisa datang ke stand yang ada jika ingin mengenal lebih dalam mengenai lembaga atau komunitas yang ada di FILKOM.

Hal yang lebih menarik pada Grand Launching adalah tiap-tiap lembaga akan melakukan open sekret. Dengan konsep tersebut, siapa saja yang ingin mengetahui bagaimana isi sekretariat dari tiap lembaga diizinkan untuk berkunjung. “Kita juga udah sepakat buat open sekret. Jadi buat mahasiswa yang pengin tahu sekret lembaga itu kaya gimana sih, di dalemnya ada apa aja,” tandas Priciel. Mengenai siapa saja peserta Grand Launching, Priciel juga menyebutkan, “Kalo LO LSO semua, komunitas 5 yang join. BCC, Robotiik, KMK, PMK, sama Kontribusi,” tutupnya. (fl, ai)

Share It On:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here