Sabtu lalu, tepatnya 6 Juni 2015, dua dari tiga tim delegasi prodi Sistem Informasi UB berhasil meraih juara pertama dan ketiga dalam lomba Grand Design Sistem Informasi untuk UMKM kategori mahasiswa/i se-Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Universitas Machung, Malang.

Prodi SI UB sendiri mengirimkan sembilan orang mahasiswa/i nya, yang kemudian dibagi menjadi tiga tim, untuk mengikuti perlombaan ini. Tim satu terdiri Ahmad Arif Saputra (2013), Yani Iriana Putri (2014), dan Andi Hafiidh (2014). Tim dua terdiri dari Ilyas Habiburrahman (2012), Nanda Adhi Winata (2014), dan Muh. Indra Gunawan (2014). Tim tiga terdiri dari Fathin Naufal Hawi (2013), Agung Yudha Berliantara (2013), dan Siti Masyruhatin (2014). Jika diperhatikan, semua tim memiliki anggota yang berasal dari angkatan yang berbeda. Hal ini memang sengaja dilakukan supaya nantinya akan ada regenerasi dalam hal pengalaman mengikuti lomba.

Dalam lomba ini, setiap tim diharuskan membuat desain sistem informasi untuk UMKM. “Untuk mendesain sistem informasi kemarin ada kerjasama dengan UMKM, jadi harus dapat persetujuan dari UMKM dahulu. Di situ kita tanya sistem informasi yang dibutuhkan seperti apa. Jadi kita membuatkan sistem di situ sekaligus memberikan sistemnya untuk diterapkan dalam UMKM,” terang Yudha dari tim tiga.

Pengerjaan sistem ini sendiri dilakukan dalam kurun waktu sebulan dan dilakukan di sela-sela tugas kuliah. “Yang dirancang dalam sistem ini termasuk semua proses bisnis, keuangan, cash flow, pokoknya yang dipelajarin DSPL_6002dalam kuliah masuk semua dalam sistemnya. Karena UMKM ini termasuk baru, jadi kita berusaha bagaimana kita bisa membantu mereka, dari promosi, branding, pengaturan keuangan, kita rancang dalam sistem itu semua,” lanjutnya.

Sehari sebelumnya, yaitu Jumat tanggal 5 Juni 2015, semua finalis diharuskan mempresentasikan proyek yang telah mereka buat sebelumnya. Pemenang kemudian diumumkan keesokan harinya (6/6/15) dimana dua dari tiga tim dari FILKOM UB yang lolos final berhasil meraih juara satu diraih oleh tim satu dan juara tiga diraih oleh tim tiga.

Ketika ditemui DISPLAY, Yudha sendiri merasa senang dan bangga atas pencapaian ini. “Karena ini pertama kali ikut lomba, ini juga pertama kali melihat rival lain presentasinya bagus-bagus. Desain sistem informasinya juga keren. Jadi awalnya juga agak minder. Pertama kali maju, pertama kali masuk final. Tidak menyangka juga untuk semua tim dari FILKOM lolos masuk final. Dan tidak menyangka juga bisa dapat juara,” ungkapnya.

Setelah berhasil meraih prestasi ini, ia berharap bisa menjadi juara pertama di kompetisi yang lain. “Semoga untuk ke depan bisa dipersiapkan lebih jauh-jauh hari lagi. Mencari info dari jauh-jauh hari juga. Karena ini pengalaman pertama harapannya bisa meningkat juga dari juara tiga menjadi juara dua dan juara satu,” ujar Yudha.

(atl)

Share It On:

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here