Selasa, 28 April 2015 Universitas Brawijaya dan UB Press menyelenggarakan acara Festival Buku dengan judul Saya Suka Baca yang berlangsung di Gedung Samantha Krida UB sekitar pukul 11.00 WIB. Festival Buku ini merupakan salah satu program tahunan yang diselenggarakan UB Press dan Universitas Brawijaya.
“Jadi pada intinya, saya harapCapture1 nantinya bersama ub press dan perpustakaan, para mahasiswa nanti kalau kuliah tidak perlu lagi banyak mencari literatur di perpustakaan tapi di kelas bisa membuka ub.ac.id kemudian bisa didapat jurnal informasi”, ujar Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri MS. selaku Rektor Universitas Brawijaya saat memyampaikan pidato pembukaan Festival Buku Saya Suka Baca Universitas Brawijaya.

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan Hibah Buku Digital UB Press kepada mahasiswa, dosen, dan karyawan UB senilai Rp 105 Miliar. Acara berlangsung meriah seiring diumumkannya pemenang kompetisi yang diselenggarakan UB Press yaitu Kompetisi Menulis “Brawijaya Menuju Daya Saing Asia”, Kompetisi “Brawijaya Membaca”, serta Pengumuman Kompetisi “UB Digital Ambassador Contest 2015”. Penyerahan hadiah pemenang kompetisi diberikan oleh perwakilan perpustakaan UB yaitu Ibu Widiya dan Ketua UB Press Jazim Hamidi.

Capture2

Dalam festival buku tahun ini,  secara resmi diadakan Grand Launching ePustaka UB Press yang bekerjasama dengan MOCO. Grand Launching ePustaka ditandai dengan penyerahan simbolis kartu ePustaka kepada Ketua UB Press Jazim Hamidi oleh Founder MOCO Sulasmo Sudharno dan Head of Marketing Communication PT. Aksara Maya Indra Yustiawan.
MOCO sendiri merupakan aplikasi untuk membaca buku digital dan untuk bersosial media. “MOCO merupakan aplikasi sosial media berbasis buku yang didalamnya ada perpustakaan digital, jadi di dalam MOCO kita bisa chatting, diskusi tentang buku. untuk mempermudah, didalam MOCO selain bisa dibeli, buku bisa disewa, bisa dipinjam. Untuk meminjam buku harus menjadi anggota salah satu ePustaka yang ada di dalam MOCO. Dan kebetulan hari ini Brawijaya UB Press bergabung dengan MOCO membuka ePustaka. PT. Aksara Maya hanya merupakan pengembang aplikasi MOCO”, ungkap Sulasmo.

Capture3Acara juga dimeriahkan oleh Bayu Ayuga Dancer dan Stand Up Comedy Malang dan ditutup dengan special talkshow dengan tema “How to be a writer?” bersama penulis novel Supernova Dewi ‘Dee’ Lestari.

(Lf)

Share It On:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here