FILKOM – Selasa, 8 Desember 2015 DONAT ( Donor Darah TIIK ) bekerja sama dengan RS Saiful Anwar Malang kembali diadakan untuk kedua kalinya di tahun 2015. Melihat antusias mahasiswa dalam acara DONAT pertama pada bulan Mei 2015 yang tinggi, pihak BEM TIIK merasa perlu untuk mengadakan acara DONAT.

Berbeda dengan DONAT yang pertama, pada DONAT kali ini pihak panitia menargetkan jumlah kantong darah lebih banyak sekitar 200 kantong. Dan juga sebaran partisipan atau pendonor diperluas, tidak hanya mahasiswa FILKOM melainkan se-Universitas Brawijaya.

Sempat terjadi miss komunukasi antara panitia dengan pihak rumah sakit mengenai jumlah kantong darah. Pihak panitia menargetkan 200 kantong darah, namun pihak rumah sakit hanya menyiapkan 200 form DSPL_12003pendonor yang mana tidak semua pendonor lolos pemeriksaan untuk bisa melakukan donor darah. “Target dari kami 200, namun dari RSSA partisipan dihitung 200 itu lolos semua jadi seharusnya jumlah form dilebihi agar terpenuhi target 200 kantong,” terang Falih (TIF 2014), ketua pelaksana DONAT.

Antusias mahasiswa yang tinggi untuk menujukkan kepedulian sosial mereka terlihat pada acara yang berlangsung pukul 09.00 – 16.00 WIB ini. Hal ini terbukti 200 formulir pendafataran peserta donor darah yang disediakan habis, selain itu banyak mahasiswa yang harus kecewa karena tidak bisa mendaftar karena kehabisan formulir, “dilihat dari antusias pada DONAT kali ini memang mengalami peningkatan, nanti untuk kedepannya yang melnjutkan untuk kepengurusan BEM selanjutnya bisa menjadi bahan evaluasi untuk penambahan kuota,” ungkap Bayu.

Meskipun acara ini adalah yang kedua kalinya di FILKOM, para partisipan yang sebagian besar merupakan mahasiswa FILKOM mengungkap bahwa ini adalah pengalaman pertama mereka donor darah. Salah satu pendonor, Rizky Widya atau yang akrab disapa Wepe (SI 2013) mengungkapkan, “karena belum pernah donor darah jadi mumpung ada acara DONAT ini aku pengen nyoba gimana rasanya donor darah, selain itu aku pengen mewujudkan rasa peduli sama orang”.

Hingga selesainya acara, terkumpul sebanyak + 120 kantong darah. Meskipun tidak sesuai dengan target yang diharapkan, tetapi jumlah ini meningkat dari acara DONAT yang pertama. Pada acara tersebut, ketua pelaksana berharap seluruh civitas akademik Brawijaya untuk lebih peduli terhadap isu isu sosial di masyarakat dan jangan sampai ada orang-orang yang apatis terhadap lingkungan sosial.

(if)

Share It On:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here