DISPLAY Car Free Day atau yang biasa disingkat dengan CFD, merupakan kegiatan yang biasa dilakukan pada setiap hari minggu pagi dengan menutup ruas jalan tertentu bagi para kendaraan bermotor dan memberikan kesempatan bagi para pejalan kaki untuk menikmati berbagai macam kegiatan di ruas jalan tersebut. CFD ini kemudian diadopsi oleh Kementrian Sosial Masyarakat Eksekutif Mahasiswa UB yang bekerjasama dengan Wakil Rektor 4 bagian Perencanaan dan Kerjasama.

CFD UB akan dilaksanakan sepanjang jalan dari FK sampai FEB, sekitaran Gedung Rektorat, dan jalan yang berada di antara FILKOM dan FTP. “Jadi mekanismenya itu ada beberapa jalan yang ditutup, tapi gak semua di daerah UB ditutup. Dari jalan FK sampe ke FEB, dan sekitaran Rektorat. Selain itu boleh dipakai,” ungkap Budi Sulistya Handoyo selaku Ketua Pelaksana CFD UB.

Hal utama yang melatarbelakangi diadakannya CFD UB ini dikarenakan jumlah volume kendaraan yang keluar-masuk dan yang berada di sekitaran UB sudah tergolong banyak, tingkat polusi udara di UB pun sudah cukup tinggi. “Yang melatarbelakangi banyak sih, salah satu permasalahannya adalah tingkat volume kendaraan yang ada di Brawijaya itu makin banyak gitu, polusi udara di UB yang sudah dihitung oleh IMPALA UB juga cukup banyak,” tambah Budi.

Budi juga mengungkapkan bahwa Rektorat akan meminjamkan sepeda pada saat CFD UB berlangsung, sepeda yang dipinjamkan nantinya hanya bisa digunakan di wilayah UB serta akan dipantau oleh satpam dari pos-pos yang tersedia untuk menghindari penggunaan sepeda di luar kampus. Sepeda itu nanti bisa dipinjam oleh semua civitas akademik UB mulai dari mahasiswa hingga dosen. “Cuman disediakan 50 sepeda, karena sisanya sudah didistribusikan ke masing-masing fakultas,” ungkapnya.

Selain sepeda yang akan disewakan gratis selama CFD UB, nantinya akan ada beberapa kegiatan lain seperti cek kesehatan, pembagian susu gratis, senam, dan sepedaan bareng rektor. CFD UB ini akan dilaksanakan sebanyak 2 kali selama kepengurusan Eksekutif Mahasiswa UB 2016/2017, yaitu  pada tanggal 10 November 2017 dan 24 November 2017. Budi berharap CFD UB ini akan berlanjut lagi ke depannya dibawah kepengurusan kabinet yang baru. “Harapannya sih bisa terus berlanjut, berkelanjutan ke kepengurusan tahun depan,” tutupnya. (fr)

Share It On:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here