DISPLAY – Komunitas BCC telah berhasil membuat suatu cloud storage bernama BCC Drop Here yang terintegrasi dengan Dropbox dan Google Drive. Robihamanto selaku ketua komunitas BCC mengungkapkan alasan dibuatnya BCC Drop Here ini dipelopori oleh dropittome yang sekarang telah tutup layanan. “Awalnya itu kita itu kebanyakan makainya droppittome kan itu servicenya gratis bisa langsung makai aja (dengan syarat, red) bisa konek ke Dropbox atau Google Drive, nah ternyata baru kemarin itu sekitar 2 bulanan webnya ditutup,” jelasnya. Hingga saat ini, proyek yang dikerjakan sejak awal bulan September ini telah membuahkan hasil yang manis dimana telah banyak asisten praktikum yang memanfaatkan hasil kerja BCC tersebut. “Udah 85 asisten dan sekitar 700 laporan pake ini,” aku Robihamanto.

Selain untuk menggantikan fungsi dropittome dalam mengumpulkan tugas praktikum, BCC Drop Here juga menyediakan fitur iklan yang disediakan secara gratis. “Untuk yang iklan ini kalau ada temen-temen LSO, komunitas, atau lainnya yang punya acara bisa ditaro disini, ini kan bakal banyak yang ngakses kan, jadi setiap yang ngakses ini bakal lihat iklan juga,” tambahnya.

Selama pembuatan BCC Drop Here, Robihamanto mengaku sempat terjadi kendala dengan server FILKOM. “Kan kita pake servernya FILKOM, FILKOM itu pengennya pake docker biar nggak ngotorin servernya FILKOM. Kita nggak bisa sembarang install. Nah terus kebetulan kemarin itu kita masih bingung, ini kan udah bisa jalan ya tapi harus install ini install itu, tapi dia kan mainnya pake docker dari FILKOM sendiri, nah docker itu apa? Jadi kayak kita bikin satu package gitu, nanti baru di-upload kesana jadi tetep rapi disananya,” tuturnya.

Untuk masalah apakah BCC Drop Here akan dikomersialkan atau tidak, Robihamanto menjawab tegas tidak ada rencana sama sekali untuk mengkomersialkan hasil jerih payah dari komunitas BCC itu. “Jadi gini, karena kita pake servernya FILKOM itu ga boleh dikomersialkan. Kita juga niatnya emang pengen bantu temen-temen di sini juga. Tapi kalo orang luar pengen pake juga bisa, karena ini kan publik (layanan BCC Drop Here, red). Tapi untuk ke arah komersial ga ada sama sekali,” tegasnya.

Kemarin (13/10) BCC secara resmi mengadakan acara launching produknya tersebut di gedung H1.6 pada pukul 13.50 WIB. Dalam acara itu Robihamanto berharap BCC Drop Here dapat digunakan oleh lebih banyak orang misalnya untuk publikasi acara-acara di FILKOM dengan memanfaatkan fitur iklan yang sudah disediakan. “Harapannya bantu klien yang dari dropittome yang tutup, sama apa nih yang bisa dikerjasamakan sama LSO, yaudah saya mikirnya ada iklan tapi bukan iklan di Google, tapi iklannya temen temen yang punya acara,” tutupnya. (re, try, iw)

Share It On:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here