Oleh: Rania Akhmalia
Teknik Komputer / 2013

Kali ini saya bakal sharing tentang bagaimana saya memanajemen waktu. Kece ya keliatannya? emang situ siapa? orang penting? kita butuh banget tau cara kamu manage waktu? Jawabannya, hmm saya bukan orang penting cuma mahasiswa biasa yang kebetulan diamanahi menjadi Wakil Ketua Departemen salah satu Himpunan Mahasiswa Jurusan di Universitas Brawijaya, dan kebetulan juga dipercaya menjadi asisten praktikum sebuah laboratorium di fakultas saya, dan lagi-lagi kebetulan terpilih menjadi mentor kelompok belajar kaum minoritas terpinggirkan di jurusan saya, *eh wkwk. Dan lagi-lagi dipercaya jadi kiper utama tim futsal putri Filkom UB (baru sebulan pensiun) dan, daaaan aktivitas saya yang terakhir adalah pengikut orang-orang kece ‘sosial independen’.

Beberapa teman saya suka nyinyir, “lo punya waktu lebih dari 24 jam sehari?” atau “Panteslah kalo kamu cuma tulang-belulang gitu, pasti waktu makannya kocar-kacir!” hmm iya bener :’)

Jadi atas dasar ke-kepoan teman-teman saya dan staff himpunan atau adek dan kakak tingkat yang penasaran gimana saya ngebagi waktu, jadi inisiatif saya buat sharing. huhuyy.

 

Kuncinya, Pertama, Jangan nunda pekerjaan!

kenapa? saat kita meninggalkan pekerjaan, secara sengaja kita membiarkan pekerjaan kita tadi itu untuk bertemu dengan pekerjaan yang lain sampai mereka jatuh cinta dan beranak-pinak. kalau sudah beranak kalian pasti bingung mau ngerjain yang mana dulu kan?

 

Kedua, cara ini udah saya lakukan semenjak saya masuk dunia perkuliahan yaitu, bikin daily have to-do!

Bikin kertas jadwal harian, yang didalemnya ada nama hari dan kolom-kolom waktu. kayak digambar dibawah ini. Taruhlah kegiatan-kegiatan yang udah pasti kalian lakuin sehari-hari. Udah? sekarang ada berapa banyak kolom waktu yang kosong? Buanyak bukan? lebih banyak dari yang terisi, jangan-jangan? Gitu masih suka ngeluh gak punya waktu? hmm pikir lagi deh 🙂 Jangan lupa buat nempel itu jadwal dikamar biar kebaca tiap masuk kamar ^^

Untitled

Terakhir, install aplikasi daily note di smartphone kalian buat ngingetin kolom waktu kosong diisi kegiatan yang berubah-ubah. kalau saya biasanya, setiap senin pagi sampai siang ngerjakan tugas, studi literatur atau kegiatan yang menunjang akademik lainnya. Sabtu pagi jadwalnya nyuci baju lanjut refreshing. Karena saya introvert, saya memilih refreshing didalam kamar dengan streaming video atau nonton film. Minggu biasanya nugas kelompok, sorenya setrika baju dan malemnya nyiapin materi buat ngajar. Pokoknya kegiatan yang gak masuk daily planned dimasukin ke planner apps, biar gak lupa!

 

“Kak, tapi kakak ga berprestasi? maksudnya gak pernah menangin lomba gitu?”

Hmm iya bener, udah menangin hati kamu soalnya :’) *EAK. Sebenernya saya memilih cara lain untuk berprestasi, dengan membuat kelompok belajar yang isinya 5 orang awalnya, dan nambah terus tiap semester. ALHAMDULILLAH IP mereka diatas 3 ^^

“Kak, emang kalau udah saya tiru apa yang saya dapat?”

Banyak. Ketenangan, Kebahagiaan, Kenyamanan, kesempurnaan cintaaaaaa~~

Indeks prestasi? itu bonusnya. selamat mencoba!

1 COMMENT

Leave a Reply