Selama ini kita hanya bisa melihat foto-foto Instagram para mahasiswa atau mahasiswi yang bisa dibilang ‘hits’, atau mengetahui selera fashion mereka dari fashion blog nya . Kali ini kita coba mengenal lebih dekat fashion blogger dari FILKOM UB,  Richa Etika Ulhaq. Saat ini mbak Richa adalah mahasiswi jurusan Informatika/Ilmu Komputer angkatan 2011 yang sudah banyak diperbincangkan di beberapa blog bahkan sampai detik.com.
Apa kabar mbak Richa? lagi sibuk apa sekarang? ada kesibukan lain kah selain menjadi fashion blogger?
“Alhamdulillah baik, lagi sibuk ngerjain skripsi yang utama, udah semester akhir nih, doain ya ga males ngoding dan cepet bisa lulus. Hehe. Disamping skripsi aku juga masih foto-foto buat ngisi feeds instagram aku juga blog”
Kalau bisnis, ada bisnis lain nggak yang lagi dikerjain?
Bisnis? Baru online shop aja kok @marionstheory berdua sama sodara perempuan satu-satunya. Terus suka bantuin promo bisnis orang lain juga hehehe
Kapan sih awal mulanya bikin fashion blog? dan bagaimana ceritanya, mbak?
“Awal bikin sekitar tahun awal tahun 2012 mungkin ya, waktu itu dapet inspirasi dari fashion blogger lain yang waktu itu udah tenar, terus juga waktu itu Instagram masih sepi banget karena belum ada untuk OS lain selain IOS, jadi yang bener-bener fashion blogger waktu itu masih bisa dikenali siapa aja. (Kalo sekarang udah banyak banget di Instagram jadi bingung siapa-siapa aja hiks hiks). Nah dari aku ngeliat mereka aktif nge-blog dan Instragam-ing aku mulai ada ide buat bikin fashion blog juga karena aku juga suka mix and match baju-baju buat inspirasi orang lain dan buat kesenangan pribadi. hehehe”
Kamu dapat inspirasi fashion dari mana sih?
“Awal pertama kali aku kenal dunia fashion yang sebenernya itu dari kakak aku yang suka nonton acara fashion week di fashion tv, nah dari situ aku jadi tau nih siapa aja designer-designer terkenal dan brand apa aja yang oke-oke. Hehe. Lihat-lihat rancangan mereka, dan gimana cara mereka bikin padu padan dari baju-baju mereka itu agar kelihatan sedep diliat dan “menjual”.
Lalu dari mana mbak Richa bisa akrab dengan kamera dan gaya yang oke oke itu? apa dari kecil sudah suka fashion? atau dari kecil udah masuk dunia modeling atau gimana gitu? bisa diceritakan?
“Suka sih suka, dari dulu aku udah suka yang namanya milih baju sendiri, main padu-padan. Tapi aku dulu tomboy banget, jadi fashion aku lebih ke yang boyish. Aku sama sekali nggak berminat sama dunia modelling, dulu waktu SMP pernah ikut lomba fashion muslim sekali dan aku gak pernah minat lagi. Sampe berjalannya waktu aku mulai suka dong sama fashion perempuan semestinya mulai dari yang girly sampe yang boyish, nah dari SMA mulailah aku dapet inspirasi tentang fashion dari majalah go girl dan fashion tv. Dan sejak kuliah aku menambah wawasan lebih jauh tentang tentang fashion blogger dan seperangkatnya hehehe”
Kamu paling suka sama look kamu yg mana (yang pernah mbak richa posting di instagram ataupun di blog atau media sosial yang lain)?
“Yang boyish chich look di blog dan instagram! (picture bellow ya hehe) Aku suka banget soalnya itu perpaduan yang keren banget menurut aku. Tetep feminine tapi juga little bit boyish, disitu aku juga main patterns. hehehe”

richa

Apakah ada tokoh yg menginspirasi berbusana mbak Richa?

“Semua orang, benda, alam adalah inspirasi buat aku untuk sebuah kata fashion” hehehe

Apa ada toko atau merk langganan untuk berbusana mbak Richa?

“Kalo merk tertentu yang kudu beli disitu gak ada, cuma memang ada merk tertentu yang aku tuju paling awal kalo aku lagi cari sesuatu, seperti stradivarius, zara, pull and bear”

Apa ada budget tersendiri untuk beli pakaian atau kalau ada pengen aja langsung beli? atau ada yg endorse?

“Gak ada budget khusus sih, kadang juga suka dadakan kalo lagi butuh cepet langsung beli. Atau nggak minta duit sama bapak buat beli sesuatu yang emang udah pengen dari lama tapi duit tabungan gak juga cukup atau kalo ada sisa-sisa uang bulanan ya dipake. hahaha. Kalo tawaran endorse atau kerja sama sering, tapi ga semua aku terima karena aku juga terbatas waktu buat foto barang-barang mereka. (maaf yaaa)”

Apa mbak Richa selalu memperhatikan fashion dimanapun berada bahkan ketika hanya keluar sebentar untuk membeli pulsa?

“Secara gak langsung iya banget. Bukan buat diliat orang lain sih, tapi lebih ke kenyamanan pribadi aja”

Selain memperhitungkan fashion, nilai apa lagi yg jadi acuan mbak richa dalam berbusana?

“Kenyamanan dan kesesuaian”.

Mengenai fashion blogger, apa nggak mengganggu kuliah?

“Enggak lah. nggak setiap saat aku ngerjain skripsi juga kan, aku juga butuh sesuatu buat dikerjain yang aku seneng dan bisa membangkitkan mood, salah satunya menjadi seorang fashion blogger”.

Apa alesan yang mendorong Richa untuk membuat foto-foto dan fashion blog?

“Hobi. That’s all”

Apa kegiatan ini mendapatkan untung buat Richa?

“Sure, aku jadi bisa kenal lebih orang, punya lebih banyak teman dan menambah wawasan, juga bisa sharing sama mereka tentang hobi yang sama”

Apakah kegiatan ini hanya sekedar hobi? Kenapa tidak dijadikan suatu bisnis?

“Sejauh ini masih hobi. Kalau-pun ada paid endorse, aku gak menjadikan itu sebuah bisnis, tapi lebih ke bonus dari hobi aku. Kalo bicara bisnis, aku gak bakalan cuma “main” di zona ini. Hehehe”

Gimana respon orang tua? apakah mendukung atau tidak?

“Tentu dong mendukung. Apa yang aku kerjakan dan aku suka mereka selalu tau dan mendukung asalkan itu bukan sesuatu yang “merusak” (yaiyalah).”

Kenapa caption instagramnya inggris semua? Hehe

“Bukan mau sok inggris hahaha. Kebanyakan bahasa inggris, terutama posting tempat makan dan foto tentang fashion. Why? Karena biar gak Cuma orang indonesia aja yang bisa ngerti sama apa yang aku post, tapi semua orang dari negara mana-pun bisa paham dan berinteraksi sama aku.”

Pengalaman pengalaman menarik yg didapat Richa selama menekuni bidang ini 😀

“Ketemu temen-temen baru yang biasanya Cuma bisa liat di medsos, terus ketemu orang paling berpengaruh di dunia fashion muslim dunia, siapa lagi kalau bukan dian pelangi. hehehe”

Dari semua pertanyaan tadi, apasih arti penampilan bagi anda?

“Penampilan adalah cerminan pribadi, selera kita, dan sesuatu yang amat sangat menarik karena setiap orang pasti berbeda”.

Buat yang mau tahu lebih tentang people of the month DISPLAY ini, langsung aja liat di instagram/richaeu atau ke blognya di www.richaetika.blogspot.com. Berikut ini beberapa foto Richa Etika Ulhaq.

31

2

Nah sekarang kita tau bagaimana awalnya seorang Richa Etika Ulhaq menekuni bidang fashion ini, dari yang awalnya tomboy sekarang bisa dilihat sendiri di Instagramnya, penampilan Richa bahkan bisa dibilang sangat feminim dan anggun. Sekarang kita tau bahwa cewek yang hobi (selain membuat foto-foto fashion) main musik, nonton drama, nyanyi dan leyeh leyeh ini mendapatkan banyak pengalaman dari hobinya ini, salah satunya bertemu dengan Dian Pelangi.

Bagi Richa penampilan adalah cermin pribadi setiap orang dan setiap orang pasti berbeda, “mungkin ini udah gak asing lagi, tapi “be your self” is a must, don’t be a copycat karena menginspirasi bukan berarti mencontek. Have a good day!” pesan dari Richa untuk kalian.

 

(Yfdp)

 

 

 

Share It On: