Abdullah, nama yang sederhana namun tak sesederhana cita-citanya. Itulah sosok ketua komunitas Malang Cyber Crew (MCC) yang sekarang bergerak di bidang IT Security. Komunitas MCC ini sendiri sudah cukup terkenal apalagi di bumi Arema ini, tapi bagi yang belum tau atau masih penasaran dengan komunitas ini, yuk langsung aja klik link ini. Klik . Di kesampatan kali ini, DISPLAY berkesempatan untuk menguak lebih jauh tentang sosok Abdullah ketua dari MCC,  berikut wawancaranya.

Apa kabar Abdul ? Lagi ada kesibukan apa sekarang ?

Lagi sibuk mengurus komunitas MCC sama LSO yang ada di FILKOM. Untuk MCC, sebagai ketua juga harus berurusan dengan pemerintah, dalam artian membantu.

Bagaimana kabar Malang Cyber Crew sekarang ? Apa sedang ada proyek yang dikerjain ?

Baik kok. Saat ini MCC lagi sering ikut lomba-lomba hacking seperti Cyber Jawara, Cyber Defense Competition, dan Gemastik 8.  Lalu setiap satu bulan sekali, kami juga ada riset tentang masalah IT Security seperti cryptografi, reverse engineering, hacking tool, dsb yang kemudian kami sampaikan dalam konferensi IT yang ada di Indonesia.

Kalo untuk seminar, sudah dilakukan dimana aja nih ?

Di Universitas Machung, di Indonesia IT Security Conference Yogyakarta (2014) yang diadakan oleh KOMINFO, Universitas Widyagama, Hotel Santika Malang, dan Java Hack Fest (2015).

Pengalaman menarik apa yang didapat selama memberi seminar ?

Seminar sebenernya berawal dari modal nekat, dari situ aku dipaksa belajar untuk mengerti materi seminar.

Sekarang sudah ada berapa orang yang tergabung dalam MCC ?

Yang sering ikut itu 20 orang, 10 orang sebagai staff  dan 10 orang serabutan yang dibagi lagi jadi 3 divisi, yaitu divisi Network Security (4), Web Security (2), dan Dekstop Programming (4).

Selain itu, 20 orang tersebut juga berasal dari berbagai Universitas yang ada di Malang (UMM, STIKI, dan UB) disertai Malang Tech ( MCC dinaungi oleh Malang Tech sebagai support)

Apa ada kesulitan selama mengurusi MCC ?

Kesulitannya sih ada di koordinasi. Karena kita beda Universitas, kumpul bisa jadi seminggu sekali, malah kadang nggak ngumpul

Oke Abdul, melihat dari MCC sendiri, kan penghargaannya udah banyak banget bahkan sampai diundang Kominfo untuk mengisi materi. Apa ini udah jadi cita-citamu sejak kecil ? Sampai akhirnya bisa jadi ketua komunitas IT Security sepert ini ?

Aku awalnya pengen jadi penulis buku

Loh ? Kok bisa pindah haluan jadi hacker ?

Jadi awalnya guru-guru dan teman teman SMK minta cariin aplikasi-aplikasi, terus jadi pengen belajar hacker. Sampai sekarang juga nggak pernah kepikiran haha

Lalu hobi apa yang kamu punya ?

Aku suka membaca, menulis dan menyampaikan apa yang aku tulis. Moto hidupku adalah “Membaca, Menulis, dan Menyampaikan”. Awal bisa ngerti hacking sendiri juga dari membaca, terus menulis di forum lain, terus dapet teman, terus sharing lagi ke forum lain, dan seterusnya. Dari situ ilmu saya bertambah.

Terus apakah ada hal yang tidak kamu sukai dari hacking?

Ada. Misalnya seperti orang-orang yang mencuri uang dari Internet dan menyerang pihak pemerintah negara mereka sendiri. Sudah liat banyak yang kayak gitu. Saranku lebih baik jangan main kayak gitu.

Menurutmu bagaimana keamanan Cyber di Indonesia saat ini ?

Saat ini keamanannya memprihatinkan. Menurut survey yang dilakukan ID-SIRTII pada tahun 2014, terdapat ribuan sistem pemerintah yang dibobol oleh hacker. Yang membobol juga kebanyakan hacker dalam. Oleh karenanya, MCC mencoba untuk memberi informasi dan saran bagi keamanan sistem pemerintah.

Apa harapan buat MCC kedepannya ?

Aku berharap MCC bisa Go Internasional dalam artian riset-risetnya bisa masuk ranah Internasional dan menjadi pusat informasi terkait keamanan sistem IT di dunia. Lomba-lombanya juga.

Masih ingin jadi penulis buku ?

Saya pengen membuat sebuah buku yang membahas tentang keamanan jaringan.

Terakhir, apa ada pesan motivasi buat kita ?

Saya ingin temen-temen lebih giat dalam mencari passion masing-masing. Kalau ingin sukses, maka lakukanlah hal yang sesuai dengan passion kalian.

(Nrp, Yfdp)

Share It On:

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here