Bulan suci ramadhan merupakan salah satu bulan yang di nanti – nantikan oleh umat muslim di seluruh penjuru dunia. Bulan yang penuh berkah ini memiliki makna tersendiri bagi setiap orang, tak terkecuali bagi mahasiswa – mahasiswi FILKOM yang memiliki pendapat mereka masing – masing terkait bulan yang istimewa ini. Berikut beberapa pendapat mereka yang telah berhasil DISPLAY kumpulkan :

=============================
Apa sih arti puasa menurutmu ?
=============================

Agung Surya Saputera / Sistem Informasi 2012 (Agung) :

Puasa adalah awal dan akhir dari kehidupan. Maksud pernyataan ini adalah di bulan ini kita menjadi menjadi seseorang yang suci atau baru karena kita memikirkan bagaimana caranya menjadi orang yang lebih baik kedepannya.

Falachudin Akbar / Sistem Komputer 2013 (Falach) :

Puasa itu menahan sifat hewani serta meredam ego kita. Sifat hewani yang saya maksud adalah sifat dimana tubuh kita menolak nafsu.

Dini Pratiwi / Sistem Informasi 2013 (Dini) :

Yang pasti menahan lapar dan haus, selain itu kita juga harus bisa menahan amarah dan mengontrol emosi kita.

Chusna Putri / Teknik Informatika 2013 (Chusna) :

Puasa buatku itu menahan banyak hal, sesuai bahasa arabnya, shaum, yang artinya menahan. Bukan cuma nahan haus dan lapar, tapi hawa nafsu juga. Nafsu belanja misalnya haha.

=========================================
Punya pengalaman menarik nggak saat puasa ?
=========================================

Agung : Ada. Pas bulan Ramadhan kemarin saya menjadi kapel Ramadhan Corner (salah satu proker di BEM) jadi saya dapat banyak pengalaman menarik yang sebelumnya tidak saya dapatkan.

Falach : Karena saya anak merantau, pengalaman waktu bangun adzan sudah berkumandang sudah biasa, hehehe.

Dini : Semua pengalaman saat puasa menarik sih menurutku, entah itu hal – hal yang baik ataupun yang buruk karena semuanya bisa dijadiin pelajaran buat kita kedepannya.

Chusna : Pengalamannya sih dulu pas masih SD biasanya sholat subuh jamaah di masjid, nah pulangnya itu gak langsung ke rumah tapi ramai-ramai dulu jalan keliling kompleks sambil bawa persediaan petasan atau mercon. Tapi sekarang udah tobat kok.

================================================
Punya makanan favorit / menu wajib saat buka puasa ?
================================================

Falach : Menu favorit saat buka sih madu hangat, kalo gak itu ya teh hangat.

Dini : Gak ada yang wajib sih, tapi kalau yang favorit ada. Biasanya aku suka banget sama olahan pisang. Pokoknya berbagai makanan dari pisang biasanya jadi menu favorit aku.

Chusna : Yang wajib itu ya teh manis panas sama kurma. Kalau yang favorit sih es blewah sama es timun suri

=======================================================================
Apa ada perbedaan bulan ramadhan sekarang sama bulan ramadhan tahun lalu ?
=======================================================================

Agung : Pasti ada yang beda. Kalo tahun kemarin saya sering ikut acara buka bersama sana – sini habis itu maen sama temen, tapi ditahun ini saya lebih sering ijin gak ikut buka bersama. Sekarang jadi lebih suka buka puasa dirumah

Falach : Gak ada sih, selalu indah di bulan puasa.

Dini : Kalo buat aku sendiri sih, beda banget. Bulan puasa tahun lalu aku ikut SP dan baru bisa kumpul sama keluarga beberapa hari sebelum hari raya. Sedangkan tahun ini aku punya lebih banyak waktu buat kumpul bareng sama keluarga dan teman di rumah.

Chusna : Tahun ini dua minggu awal puasa di kosan malang, jauh dari rumah dari orang tua. Makanan buat buka jadi beli sendiri, dulu biasanya di rumah langsung ada. Apalagi tahun ini berasa banget bedanya tanpa papa.

===========================================
Yang paling disukai dari bulan ramadhan itu apa ?
===========================================

Falach : Bisa buka dan sahur bersama keluarga dan teman.

Dini : Lebih ke momen nya kali ya. Bulan ramadhan juga jadi bulan reuni buat keluarga dan teman-teman.

Chusna : Di bulan ini toleransi antar umat beragama kelihatan banget, apalagi kalau mudik. Selain itu THR juga sudah menanti, hoho.

============================================

Nah, bagaimana dengan para displayers sekalian ? adakah perbedaan bulan ramadhan kali ini dibanding tahun-tahun sebelumnya ?

Well, apapun itu pastikan bulan ramadhan ini tidak menyulutkan semangat kita untuk menuntut ilmu yaa.

Share It On:

1 COMMENT

  1. sepertinya nama-nama orang yang diwawancarai diseputar gedung D saja, semoga kedepannya bisa mencakup sahabat-sahabat kita yang berada diluar itu. 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here