Selama ini banyak orang awam mengira di kota Batu hanya Coban Rondo satu-satunya air terjun yang memiliki nilai keindahan panorama alami. Jika dijelajahi, ternyata terdapat banyak air terjun di Batu yang tidak kalah indah eksotisme kealamiannya. Salah satunya yaitu air terjun Coban Manten yang kebetulan kawan-kawan Display baru saja melaksanakan kunjungan kesana.

Tempat Coban Manten sendiri sebenarnya berada di satu wilayah dengan Coban Rondo. Bedanya, jalur menuju Coban Rondo sudah diakomodasi oleh pemerintah. Memang selain sebagai tempat wisata, area Coban Rondo biasa dipakai untuk sarana camping terlebih lagi terdapat wilayah suaka marga satwa dan cagar alam. Karena itu kenyaman bertransportasi di wilayah Coban Rondo lebih diperhatikan oleh pemerintah setempat.

Bertolak belakang dengan Coban Rondo, Coban Manten memiliki jalur yang kurang cocok untuk kunjungan keluarga karena memiliki berbagai halang dan rintang. Dengan jarak sekitar 2 kilometer dari gerbang wisata Coban Rondo, perlu melewati jalan yang berdebu, hutan pohon karet, bukit perkebunan, menyeberang sungai sebanyak tiga kali, hingga harus memanjat akar pohon untuk sampai di air terjun yang masih ranum kealamiannya ini. Akan tetapi track yang seperti ini justru sangat digemari oleh para kalangan remaja yang haus akan adrenaline. Terbukti sepanjang jalan menuju Coban Manten banyak terlihat kelompok motor cross melaju melewati track yang dirasa sulit bagi orang awam. Bahkan para pengunjung backpacker juga tidak mau kalah ingin menikmati eloknya pemandangan di Coban Manten.

Benar-benar tidak bisa dipungkiri, sesampainya disana terpampang nuansa yang masih natural yang membuat benak seperti menyatu dengan alam, menimbulkan rasa keterkaitan antara manusia dengan makhluk hidup yang lain. Bagi para mahasiswa yang sedang dihujani tugas yang menumpuk, Coban Manten sangat direkomendasikan sebagai sarana penyejuk pikiran. Selain sebagai sarana refreshing pada kunjungan di tempat-tempat seperti ini, kita sebagai manusia sudah sepatutnya memiliki tujuan untuk ajang bersyukur dan kagum kepada yang Maha Kuasa atas ciptaan-Nya. (gilang)

Share It On:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here