Beberapa tahun belakangan ini Indonesia memang sedang banjir-banjirnya budaya K-POP. Yang dibahas pun juga bermacam-macam, mulai dari musik, drama serial, film, hingga ketampanan dan kecantikan aktor dan aktris Korea yang selalu dipuji-puji. Dari sini beberapa orang mungkin tahu judul drama serial asal negeri ginseng itu yang berjudul Dream High. Yup, drama serial yang bercerita tentang perjuangan sekelompok anak sekolah untuk menggapai mimpi dan cita-cita ini berhasil menginspirasi Novia Ulfa Nuraini, alumni Teknik Komputer angkatan 2013. Beberapa orang mungkin belum tahu, siapa sih sosok perempuan asli Balikpapan ini. Yuk kita cari tahu bersama-sama di bawah ini.

Lagi sibuk apa nih sekarang setelah lulus?

Lagi sibuk buat startup.

Waktu masih kuliah ngapain aja mbak?

Ya aku sih kadang ngomongin projek sama temen. Terus waktu masih baru dulu ikut futsalnya BIOS (Badan Internal Olahraga dan Seni) LSO fakultas. Tahun berikutnya gabung himpunan juga, sama terakhir aku jabat di BEM FILKOM sebagai Menteri P&K.

Hobinya ngapain nih mbak?

Aku suka travelling, biasanya sih ke gunung. Pernah ke Panderman, Ijen, sama pernah juga ke Ranu Kumbolo, bareng temen kampus. Tapi pernah juga ke beberapa kota, itu juga karena pas lomba hehehe.

Pernah ikut perlombaan apa aja?

Kalo yang tingkat nasionalnya E-Time itu dapet juara 2, U-NITECH itu juara 3, IoT Competition juara 2, Inotek Pemerintah Malang juara 1, Amicta Amikom juara 1. Kalo lomba internalnya ada juara 1 i-FEST, juara 1 di BASIK I sama BASIK III.

Motivasinya buat ngedapetin predikat juara?

Sebetulnya inspirasinya dari drama Korea yang judulnya Dream High, terus dari situ saya merasa ya walaupun ga punya apa pun, ga pinter ngomong, ga masalah. Kita pasti bisa mencapai mimpi kita kalo kita berusaha. Terus selain itu hobi Saya kan jadi panitia sama organisasi, jadi sejak maba udah biasa sama manajemen waktu. Terus semester 3 mulai masuk lomba tambah sibuk lagi, karena panitia, lomba, kadang juga projekan. Tapi karena menurutku semua hal saling mendukung, contoh kuliah, IP bisa bagus juga karena lomba kita bisa sambil belajar, terus dari organisasi, public speaking juga bisa dimanfaatkan saat presentasi di lomba. Jadi semua saling terkait.

Aktivitas setelah yudisium?

Sempet risih sih, pas udah yudisium ditanyain tetangga lah, keluarga, kok gak cari kerjaan, ngelamar–ngelamar gitu. Tapi mereka pada gak tahu kalo aku lagi ngurusin startup.

Harapan untuk FILKOM?

Ya kalo bisa si, FILKOM itu WiFi-nya diperbaiki. Terus sama gazebo baru khusus untuk diskusi, sama ini nih kalo bisa FILKOM pake hasil skripsi para mahasiswanya buat diaplikasikan di FILKOM sendiri, soalnya sayang banget kalo gak dipake.

Dalam waktu dekat ini Novia akan segera me-launching startup-nya yang bernama sukaraga.com. Jadi stay tune ya dan dukung terus karya mahasiswa FILKOM. (mb)

 

sumber foto: dokumen pribadi

Share It On:

NO COMMENTS

Leave a Reply