Sosok wanita yang terlihat pendiam, terlihat kutu buku tapi punya impian yang besar dalam membangun masa depan Indonesia. Siapakah dia?

Ika Qutsiati Utami atau yang lebih akrab disapa Ika ini dulunya merupakan salah satu mahasiswa FILKOM jurusan Sistem Informasi angkatan 2012. Lahir pada 23 April 1994, Ika merupakan salah satu mahasiswa berprestasi yang lulus dengan predikat cum laude dan menjadi lulusan pertama Sistem Informasi angkatan 2012. Ika juga beberapa kali pernah ikut dalam tim riset bersama dosen FILKOM, Fatwa Ramdani, D.Sc., S.Si., M.Sc. Penelitian yang dilakukannya sampai Malaysia, lho.

Wanita asal Madura ini ternyata sering mengikuti olimpiade-olimpiade sejak di bangku Sekolah Menengah Atas, lho. Contohnya Olimpiade Matematika tingkat Kabupaten sampai Nasional. Ia juga aktif di berbagai organisasi semasa kuliah. Pada saat diwawancara, Ika mengaku pernah menjadi Badan Eksekutif Mahasiswa pada kepengurusan pertama dan menjabat sebagai staf bagian akademik. Selain itu, Ika juga pernah mengikuti LSO RAION dan menjabat sebagai programmer. Berikut hasil wawancara yang didapatkan oleh DISPLAY.

Prestasi-prestasi apa aja sih kak yang pernah dicapai?

Untuk prestasi-prestasi yang pernah dicapai, Ika pernah menjadi juara nasyid (nyanyi arab) tingkat Madura. Pernah mendapatkan penghargaan bersama tim Fatwa Ramdani, D.Sc., S.Si., M.Sc di acara Asian Geospatial Award di Kuala Lumpur, Malaysia. Beberapa bulan yang lalu, Ika juga mendapatkan Juara Presenter Terbaik dalam acara Symposium of Geoinformatics FILKOM (ISYG 2016). Selebihnya Ika sering melakukan riset/penelitian bareng tim dan dosen.

Sekarang wanita asal Madura ini mendapat beasiswa untuk melanjutkan studi S2nya mengambil jurusan Graduate Institute of Network Learning Technology di National Central University Taiwan. Wanita yang mengaku suka travelling ini dijadwalkan akan meninggalkan Indonesia pada Januari 2017 dan menetap sementara di Taiwan.

Kesibukan saat ini?

Setelah resmi menjadi alumni FILKOM, Ika langsung bekerja disalah satu software house milik dosen FILKOM, Himawat Aryadita, S.T, M.Sc sebagai programmer selama tiga bulan. Karena kesibukannya untuk mempersiapkan studi S2nya ke Taiwan akhirnya Ika memutuskan untuk resign dari pekerjaannya itu.

Tak butuh waktu lama setelah resign dari pekerjaannya, Ika mendapatkan amanah untuk menjadi asisten dosen Fatwa Ramdani, D.Sc., S.Si., M.Sc mengajar bidang Geoinformasi di FILKOM. Bukan hanya itu saja, saat ini Ika juga bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang marketing, dan Ia juga merangkap sebagai guru private di salah satu lembaga bimbingan belajar.

Soal rencana karir untuk kedepannya nih?

Karena terlahir dari keluarga yang notabene-nya di dunia pendidikan, Ika fokus untuk lanjut sampai mendapatkan gelar doktor dan berencana untuk tetap berkarir di dunia pendidikan. Dari kecil Ika sudah terbiasa dan suka mengajar. “Ketika kamu berhasil membuat paham orang lain dengan apa yang kamu jelaskan, itu merupakan kebahagian tersendiri,” terangnya. (my)

sumber foto: instagram.com/ikaqutami