Danu Akbar Wicaksono, pria kelahiran Sumatra Selatan, 2 Januari 1995 ini selain menjalani statusnya sebagai mahasiswa FILKOM UB, juga menjabat sebagai ketua LSO BIOS (Badan Internal Olahraga dan Seni). Dia masih getol mengurus perusahaan yang dirintisnya sejak SMP.  Setelah penulis bertatap muka dengan founder atau CEO “DanuCorp.com” dan berkesempatan melakukan interview, ternyata banyak sekali pengalaman dan ilmu yang bisa diperoleh dari dia.

Lagi sibuk apa selain kuliah dan BIOS Dan?

“Masih jalanin bisnis sih”.

Apa yang dilakukan sebelum beraktifitas?

“Apa ya, hehe kalo abis bangun tidur sih minum air putih”.

Kapan bergabung dengan BIOS?

“2 tahun yang lalu pas ada Olimpiade Brawijaya”

Boleh ceritain dikit nggak gimana prosesnya kok bisa sampe  jadi ketua BIOS?

“Jadi awalnya emang aku kan kuliah pulang kuliah pulang, trus aku ngerasa nggak guna aja, ke kampus tok nggak ngapa-ngapain. Kenapa milihnya BIOS untuk organisasi?  Ya karena emang aku ga mau yang terlalu kaku yang benar-benar pure organisasi tapi juga yang ada pengembangan bakatnya ya kayak di BIOS ini. Kebetulan baik di Olahraga  ataupun di seni aku suka kedua-duanya.  Trus di bawah kepemimpinan mas Yogi aku jadi kadiv homeband. Dari situ makin banyak belajar, banyak temen. Trus denger  dari  teman-teman  aku dicalonin jadi ketua, padahal dari panitia sendiri aku nggak dibilangin. Mungkin karena aku aktif kegiatannya juga sih, jadinya ya gitu, aku di fix in jadi ketua. (*yang sekarang sudah dilantik)”

Apa harapan kamu untuk BIOS kedepan?

“Aku berharap keluar dari  BIOS itu bukan cuma sertifikat, bukan cuma prestasi tapi juga keluarga baru, tempat baru, pengennya sih walaupun ini olahraga dan seni, yang notabene bersenang-senang gitu tapi ya harapannya lebih dari itu terutama dalam kekeluargaannya.”

Apa sudah ada proker utama sebagai ketua?

“Pengen ngadain Party atau istilahnya  olimpiade PTIIK sebelum Oimpiade Brawijaya.  Trus pengen bikin konser juga kerjasama sama UKM seni.”

Pengalaman apa yang kamu dapat dari BIOS?

“Banyak dalam bidang organisasi,  yang paling penting itu aku belajar  bagaimana cara agar bisa nempatkan diri sebagai aku yang awalnya punya pemikiranku sendiri tapi ketika aku sudah masuk organisasi, apalagi aku udah jadi  istilahnya pemimpinnya ya jadi aku harus bisa ngumpulin banyak pemikiran orang itu dan aku harus bisa menjadi orang itu, bukan jadi diriku sendiri tapi jadi banyak orang. Kalo bisa jangan ada satupun dari mereka yang merasa  nggak tersampaikan apa yang ingin mereka sampaikan. Selain itu aku juga belajar lebih  kekeluargaan, dan banyak lagi sih belajar tentang kehidupan, sebenernya aku mau jadi ketua juga karena  aku ingin berterimakasih pada BIOS atas semua yang telah diberikannya. Selama in BIOS ngasih ke aku nah ini waktunya aku ngasih ke BIOS.”

Oiya, DanuCorp masih jalan? Belajar internet marketing itu dari mana sih Dan?

“Masih masih. Belajarnya dari iri ngliat masku. Waktu itu aku masih SMP, mas nyuruh aku buka blognya, akhirnya aku iseng ke warnet aku buka ternyata bagus, isinya puisi, trus aku mikir aku bisa nulis dan dilihat banyak orang tanpa harus lewat koran, televise dll, nah aku bikin blog. Mulai serius bisnisnya waktu aku beli domain, danuakbar, itu beberapa kali ganti dari personal blog, bisnis blog, magazine blog dsb, akhirnya beli lagi satu domain gokilonline, itu traficnya udah gede sekitar 5000, trus aku ikutin ke advertising di Indonesia, tapi penghasilannya selama aku menjalani bisnis tu cuma 23ribu, itu sekitar setahun, padahal traficnya udah gede.

Akhirnya aku sempet stress dan gamau ikut lagi, tapi karena terlanjur banyak belajar dan muncul jiwa enterpreuneurnya, akhirnya aku gamau nyerah. Siasatku aku buka web orang lain trus aku liat iklannya ada sekitar 300 iklan yang aku klik, tujuannya untuk cari kontak yang masang iklan disitu, langsung aku kirim 300 email ke orang yang pernah pasang iklan aku tawarin iklan untuk masang iklan di gokilonline, bertahap sih ga langsung 300, akhirnya pas email ke-300 itu ada MLM yang mau nerima iklannya dengan penghasilan pertama cukup banyak.

Penghasilan pertama dari situ, akhirnya aku termotivasi, aku udah punya banyak list akhirnya aku buat DanuCorp. Waktu itu masih jaman-jamannya IdBlogNetwork, itusatu-satunya PPC Indonesia yang bisa ngasih penghasilan lebih dari 2 juta bisa sampe 5 juta. Karena aku udah punya banyak list orang yang mau pasang iklan, aku IdBlogNetwork. Itu berjalan sampe sekitar 6 bulan tapi karena aku ga ada ilmu manajemen sama sekali akhirnya aku kelabakan. Lalu DanuCorp yang awalnya advertising aku ubah jadi service, gitu sampe sekarang hehe”

Oke, satu pertanyaan muncul setelah buka web kamu, itu kamu ngerjain sendirian?

“Awalnya sendirian tapi sekarang bareng-bareng. Total sama freelance nya 20, kalo yang inti sekitar 13.”

Di salah satu jurnalmu, kamu bilang bahwa sukses bisa diraih dengan kerja keras? Lalu apa sih arti sukses menurutmu?

“Iya itu cara mencapainya, tapi sampai sekarang aku belum tau sukses itu apa. Mungkin sukses itu saat orang tuaku tenang dan menganggap aku bukan anak kecilnya lagi.”

Motto hidup kamu Dan?

“Start dreaming, never stop action, Intinya kita boleh mimpi tapi jangan lupa bertindak.”

Ada tokoh yang menginspirasi? Kenapa?

“Muhammad S.A.W. Suka aja baca-baca ceritanya, cara dia memimpin, menghadapi hidup. Dia kan sabar banget sementara aku keras kepala banget.”

Impian yang belum tercapai?

“Naik haji bareng orang tua.”

Pesan buat pembaca :

“Kita emang seumuran yang masih menjadi tanggung jawab ortu. Sering denger kenapa sih harus susah cari uang sedangkan ortu kita punya tanggung jawab atas kita, tapi aku mikir ya walaupun mereka masih bertanggung jawab atas kita tapi kita udah hidup berapa lamanya ini masa kita mau terus-terusan membebani orang tua kita, apa kita ga malu sama diri kita sendiri. Orang tua gimanapun caranya pasti berjuang demi kita nah sekarang saatnya kita berjuang demi mereka, jadi kalo kuliah udah dibayarin orang tua mungkin bisa lewat cara lan kita banggain orang tua. Intinya inget sama orang tua aja wes, kalo aku sih ngelakuin apapun inget ortu aku pasti ngelakuinnya dengan maksimal.”

(Yfdp)

Share It On:

6 COMMENTS

  1. ayoo request.in temen kalian beserta alasannya buat jadi the next people of the month display ya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here