DISPLAY – Guru adalah orang yang cukup berjasa dalam kehidupan seseorang, setelah orang tua tentunya. Menurut data statistik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI), pada tahun ajaran 2017/2018 terdapat 25.486.506 anak Indonesia yang menempuh pendidikan di Sekolah Dasar (SD). Hal tersebut secara tidak langsung membuat peran guru menjadi sangat penting dalam mendidik generasi penerus bangsa.

Teknologi yang semakin maju membuat banyak inovasi baru bermunculan dalam berbagai bidang, tak terkecuali bidang pendidikan. Dilansir dari di Liputan6.com, beberapa negara sudah banyak mengembangkan media pembelajaran yang  canggih. Hal itu pula lah yang membuat beberapa negara mengembangkan dan meng-upgrade teknologi robot yang mereka punya menjadi sebuah terobosan baru yaitu robot guru. Robot guru sudah dikembangkan dan bahkan digunakan di beberapa negara salah satunya New Zealand.

Sebuah sekolah dasar di Auckland, New Zealand sudah menguji coba guru robot pertama mereka yang diberi nama Will. Saat diuji coba di kelas, para siswa merasa takjub dan antusias dengan kehadiran Will. Mereka bisa bertanya tentang materi-materi sekolah dan Will akan menjawabnya. Selain menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh siswa, Will juga mampu memperhatikan, tersenyum, dan berinteraksi selayaknya manusia kepada siswa-siswa di kelasnya.

Lalu apakah mungkin peran guru akan tergantikan oleh robot di masa depan? Sejatinya peran guru di kelas bukan hanya mengajarkan materi dan menjawab pertanyaan murid. Lebih dari itu, peran guru menjadi sangat penting dalam pembentukan karakter murid-muridnya. Dilansir dari Tempo.co, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membantah jika peran guru akan tergantikan oleh robot di masa depan. Menurut Jokowi, bagaimanapun majunya perkembangan teknologi yang berhasil menghasilkan robot-robot canggih tersebut tetap tidak bisa menggantikan peran guru. Sebab, Jokowi menganggap guru menjalankan tugas penting dalam mengemban misi kemanusiaan, membangun peradaban dengan menggali, menyadarkan, dan menggerakkan jiwa siswa kepada kebenaran serta kebaikan sehingga dapat membentuk karakter. Dengan begitu, guru menjadi salah satu sosok vital yang memiliki peranan besar terhadap masa depan bangsa dan negara. (nay)

Share It On:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here